
Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Kelas XI SMA Don Bosco Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022
Pengarang : Rika Destyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Kelas XI SMA Don Bosco Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Faktor Internal yaitu Kebiasaan belajar/Rutinitas, Minat, Kelelahan dan Faktor Eksternal yaitu Faktor keluarga dan Faktor sekolah. subjek dalam penelitian ini ialah 3 siswa kelas XI dan 1 guru BK. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi di kelas XI SMA Don Bosco Tarakan menunjukkan bahwa terdapat kendala yang dialami siswa, tidak ada rutinitas belajar khusus, kurang fokus, serta penyampaian guru yang sulit dipahami. Selama masa pandemi memiliki kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil dan juga suasana rumah yang berisik.
Kata Kunci: Faktor Kesulitan Belajar, Pandemi
The purpose of this study was to determine the factors of students' learning difficulties during the pandemic period in Class XI of SMA Don Bosco Tarakan for the academic year 2021/2022. This study was descriptive and qualitative. The internal factors-study habits and routines, interests, and fatigue-as well as the external factors-family factors and school factors-were the central themes of this researrch. The subjects in this study were 3 students of class XI and 1 BK teacher. Semi-structured interviews and documenting were the methods used for data collection. Data reduction strategies, data presentation techniques, and conclusion-drawing procedures were employed in data analysis. The results of this study demonstrate that the main factors contributing to student learning difficulties during the pandemic in class XI SMA Don Bosco Tarakan were difficulties that students encountered, a lack of specialized study techniques, a lack of concentration, and a difficult to understand teacher's delivery. Technical issues during the pandemic included an unstable internet connection and a noisy home environment. Keywords: Learning Difficulties, Pandemic