
Survei Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Ester Yenike Juliyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman perencanaan karir siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 2 Tarakan. Melalui perencanaan karir, seseorang mengevaluasi kemampuan dan minatnya, mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, menyusun tujuan karir, dan merencanakan aktivitas pengembangan praktis. Fokus utama perencanaan karier haruslah pada matching tujuan pribadi dan kesempatan yang tersedia secara realistis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 177 peserta didik. Peneliliti menggunakan skala Perencanaan Karir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 122 siswa yang di ambil menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Karir siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tarakan mencapai 71% (Tinggi), artinya peserta didik mampu mengevaluasi kemampuan dan minatnya, mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, menyusun tujuan karir, mencocokkan dengan pekerjaan, baik dalam segi pemilihan pekerjaan maupun pemilihan pelatihan/training yang sesuai, membantu merencanakan aktivitas karir untuk meningkatkan kualitas individual, membantu individu dalam membuat keputusan karir yang tepat dan efektif.
Kata Kunci: Siswa, Perencanaan Karir
This research aimed to determine the understanding of career maturity of grade XII science students of SMA Negeri 2 Tarakan. Through career maturity, a person evaluated his/her abilities and interests, considered any career opportunities, set his/her career goals, and planned his/her practical development activities. This research used a quantitative approach and a descriptive survey. The research population was 177 students. The researcher used a career maturity scale. The research samples were 122 students who were taken using a random sampling technique. The data were analyzed using a descriptive statistical technique. The results showed that the students’ career maturity in SMA Negeri 2 Tarakan was 48.36% (Low), indicating that the understanding of career maturity in grade XII science students of SMA Negeri 2 Tarakan had low adaptability in evaluating their abilities and interests, were able to take alternative career opportunities into consideration, unable to set their career goals, unable to fit job, either regarding appropriate job selection and training selection, and unable to plan their career activities to improve their individual quality and not self-reliant in making appropriate and effective career decisions. Keywords: Student, Career Maturity