
Studi Kelimpahan Dan Dominansi Ikan Di Sungai Segah Dan Implementasi Terhadap Pembelajaran Biologi Kelas X SMA
Pengarang : Eva Litadsia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Studi Kelimpahan dan Dominansi Ikan di Sungai Segah dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Biologi Kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kelimpahan dan Dominansi Ikan di Sungai Segah Kecamatan Segah dan implementasinya pada pembelajaran biologi Kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh spesies ikan yang terdapat di Sungai Segah Kecamatan Segah. Analisis data penelitian ini adalah indeks kelimpahan dan indeks dominansi serta identifikasi hasil penelitian sebagai potensi implementasinya pada pembelajaran Biologi. Hasil penelitian ini dengan indeks kelimpahan yang didapatkan pada saat dikategorikan tinggi adalah jenis Barbonymus balleroides dengan indeks kelimpahan 37,5%, kemudian 4 jenis laiinnYa dikategorikan sedang karena memiliki nilai kelimpahan < 20%. Hasil indeks Dominansi ikan di Sungai Segah Kecamatan Segah rata-rata bernilai 0,25 yang menunjukkan bahwa tidak ada spesies yang mendominansi Hasil analisis keterkaitan penelitian kelimpahan dan dominansi ikan dengan pembelajaran Biologi, terdapat materi animalia vertebrata kelas X SMA dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.8. Langkah pemanfaatan hasil penelitian menjadi potensi implementasi pada pembelajaran Biologi, antara lain: (1) kejelasan potensi; (2) Kesesuai dengan tujuan pembelajaran; (3) kejelasan sasar; (4) kejelasan informasi; (5) pedoman eksplorasi; (6) kejelasan perolehan yang ingin dicapai
Kata Kunci : Dominansi, Ikan, Kelimpahan, Segah, Pendidikan Biologi
A study of Fish Abundance and Dominance in Segah River and Implemntatiion in Biology Learning in Grade X Senior High School. This research aimed to analyze the abundance and dominance of fish in Segah River, Segah Sub-district and their implementation in Biology learning for grade X Senior High School. This research used a descriptive exploratory method and quantitative and qualitative approaches. The reserarch samples were all fish spesies faound in Segah River, Segah district. The data were the abundance index and the dominance index andidentification of research results to be potential for implementation in Biology Learning. The results with abundance index in high category was Barbinymus balleroides with abundance index 37,5% and the other 4 species were categorized as moderate that their abundance index was > 20%. The fish dominance ondex in Segah River, Segah District was averagely 0,38, indicating that there was no dominance research with Biology Learning, there was animal-vertebrata material for grade X Senior High School woth Basic Competence (KD) of 3.8. The steps to take research results as potential for implementation in Biology learning included: (1) Potential’s clarity; (2) conformity ti learning objectives; (3) target’s clarity; (4) information’s clarity; (5) exploration guidelines; (6) clarity of goal to be achieved. Keywords: Dominance, Fish, Abundance, Segah, Biology Education