
Pelaksanan Layanan Informasi Di SMP Negeri 4 Malinau Utara Tahun Ajaran 2021/2022
Pengarang : Nur Halima - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pelaksanaan Layanan Informasi Di SMP Negeri 4 Malinau Utara. Layanan informasi sangat penting bagi peserta didik mengingat informasi sebagai acuan dalam pengambilan keputusan, pengembangan diri dan sebagai dasar dalam memberikan bimbingan karir. Layanan informasi yang diberikan Guru BK merupakan sebagai bentuk bantuan dalam menyelesaikan masalah peserta didik salah satunya yaitu dalam hal karir. Layanan informasi bertujuan memberikan informasi secara lengkap tentang karir dengan harapan siswa dapat memilih karir sesuai dengan potensi yang dimiliki. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian yaitu informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan 2 Siswa SMP Negeri 4 Malinau Utara Tahun Ajaran 2021/2022, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan layanan informasi di SMP Negeri 4 Malinau Utara sudah terlaksana dengan cukup baik hanya saja metode yang digunakan pada saat pelaksanaan layanan kurang maksimal dan monoton.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Layanan Informasi
The objective of this research was to examine the Overview of Information Services Organziation in SMP Negeri 4 North Malinau. Information services were very important for student given that information was a reference for decision making, self-development and as a basis for career consultancy. The information services provided by Guidance and Counseling teacher were a from of assistance for students’ problem solving, including with regard to career. The information services aimed to provide complete information of careers with an expectation that students could choose a career in live with their potential. This descriptive qualitative research’s subjects were the research’s main informants:none guidance and counseling teacher and 2 student of SMP Negeri 4 Nort Malinau in the academic yaer of 2021/2022. The data were collected through semi-structured interview and documentation. The data were analyzed through data reduction technique, data presentation, and conclusion making and a source triangulation was employed in this research. Based on the research results, the information services organization at SMP Negeri 4 Nort Malinau was carried out very well, however, the method used during service implementation was monotonous and not optimal. Keywords: Overview of Information Services Organization