Analisis Usaha Tani Dan Saluran Pemasaran Ubi Kayu (Manihot utillisima) Di Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Usaha Tani Dan Saluran Pemasaran Ubi Kayu (Manihot utillisima) Di Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan

Analisis Usaha Tani Dan Saluran Pemasaran Ubi Kayu (Manihot utillisima) Di Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan

Pengarang : Yuliani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Ubi kayu merupakan salah satu bahan pangan yang utama, oleh sebab itu banyak petani yang membudidayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usahatani dan saluran pemasaran ubi kayu di Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan. Sampel berjumlah 31 petani yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis pendapatan usahatani dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penerimaan sebesar Rp. 4.946.710, rata-rata biaya Rp. 295.612,90 sehingga rata-rata pendapatan usahatani ubi kayu sebesar Rp. 4.651.097 per masa tanam. Pemasaran dilakukan melalui dua saluran pemasaran yang melibatkan tiga lembaga yakni produsen atau petani ubi kayu, pedagang pengumpul dan konsumen akhir.
Kata kunci: Usahatani, Pendapatan, Ubi kayu dan Saluran Pemasaran

Cassava is one of the main food ingredients, therefore many farmers cultivate it. Research this aim for knowing income farming and channel marketing sweet potato wood in the district Tarakan Utara city Tarakan. The sample is 31 farmers who are determined through the method purposive sampling. The data analysis method uses analysis farm income and descriptive analysis. Results study shows that the average receipt of Rp. 4,946,710, the average cost is Rp. 295,612.90 so that the average income of cassava farming is Rp. 4,651,097 per planting period. Marketing is done through two channel marketing involving three institution that is producer or farmer sweet potato wood, merchant collector and consumer end. Keywords: Farming, Income, Sweet Potatoes wood and Channel Marketing.

Detail Informasi