
Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Di Tideng Pale Kecamatan Sesayap
Pengarang : Hutami Primasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Prospek pengembangan usaha jamur tiram di Indonesia cukup prospektif yang kegiatan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran biaya, penerimaan dan pendapatan usaha jamur tiram di Tideng Pale, mengetahui Faktor Internal (IFAS) dan Faktor Eksternal (EFAS) pada usaha jamur tiram di Tideng Pale, dan mengetahui Mengetahui strategi pengembangan usaha jamur tiram di Tideng Pale. Metode penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu dan informan dalam penelitian ini adalah pemilik atau pengelolah usaha budidaya jamur tiram di Tideng Pale yaitu Bapak Anang Hermanysah serta 30 konsumen jamur tiram. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun analisis data yang di gunakan analisis deskriptif, analisis usaha dan analisis swot. Hasil analisis usaha menunjukkan besaran total biaya tetap penyusutan peralatan dalam kegiatan usaha jamur tiram per bulannya adalah sebesar Rp. 296.111 untuk skala luas lahan 4x8 m2 dengan priode produksi 1 bulan, untuk biaya variabel sebesar Rp. 4.471.111, penerimaan sebesar Rp. 9.000.000 dan untuk pendapatan sebesar 4.528.889. Faktor Internal (IFAS) Strategi pengembangan usaha jamur tiram di Tideng Pale Kecamatan Sesayap untuk faktor kekuatan dan kelemahan masing-masing terdapat lima indikator dan Faktor Eksternal (EFAS) Strategi Pengembangan usaha jamur tiram di tideng pale untuk faktor peluang dan ancaman juga terdapat masing-masing lima indikator sedangkan untuk strategi yang di rekomendasi adalah strategi SO yaitu ada 2 strategi,antara lain : 1) Mengoptimalkan jumlah produksi jamur tiram dengan memanfaatkan bantuan permodalan. (S1,O3), 2). Mengoptimalkan bantuan permodalan, sarana dan prasarana yang memadai untuk mengembangkan usaha agribisnis (S4,O4,).
Kata kunci: Usaha Jamur tiram, Analisis Usaha, Analisis SWOT, Kecamatan Tideng Pale
The prospect of developing an oyster mushroom business in Indonesia is quite prospective. The activities of this study are aimed at knowing the costs, revenues and income of the oyster mushroom business in Tideng Pale, knowing the Internal Factors (IFAS) and External Factors (EFAS) in the oyster mushroom business in Tideng Pale, and knowing Knowing the strategy of developing oyster mushroom business in Tideng Pale. The method of determining the informants used purposive sampling method with certain criteria and the informants in this study were the owner or manager of the oyster mushroom cultivation business in Tideng Pale, namely Mr. Anang Hermanysah and 30 oyster mushroom consumers. The data used are primary and secondary data. The data analysis used descriptive analysis, business analysis and swot analysis. The results of the business analysis show that the total fixed cost of equipment depreciation in the oyster mushroom business activity per month is Rp. 296,111 for a land area scale of 4x8 m2 with a production period of 1 month, for variable costs of Rp. 4,471,111, receipts of Rp. 9,000,000 and for revenue of 4,528,889. Internal Factors (IFAS) The strategy for developing the oyster mushroom business in Tideng Pale, Sesayap District, for the strengths and weaknesses of each, there are five indicators and External Factors (EFAS) The strategy for developing the oyster mushroom business in Tideng Pale for opportunity and threat factors is also there five indicators while the recommended strategy is the SO strategy, namely there are 2 strategies, including: 1) Optimizing the amount of oyster mushroom production by utilizing capital assistance. (S1,O3), 2). Optimizing capital assistance, adequate facilities and infrastructure to develop agribusiness (S4, O4). Keywords: Oyster Mushroom Business, Business Analysis, SWOT Analysis, Tideng Pale District