
Rancangan Bimbingan Karir Di SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Noviana Sari Simamora - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana Rancangan bimbingan karir di SMP Negeri 8 Tarakan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini, adalah untuk mendeskripsikan Rancangan bimbingan karir di SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data, yakni menggunakan trianggulasi data, analisis data dengan Trianggulasi, memadukan hasil observasi, wawancara serta studi dokumentasi yang telah didapatkan selama melaksanakan penelitian. Hasil Penelitian menyebutkan bahwa Rancangan bimbingan karir di SMP Negeri 8 Tarakan, menggunakan tahapan yang menjadi indikator penelitian. Tahap rancangan bimbingan karir, adalah a) tahap persiapan yang terdiri dari, melakukan assesmen kebutuhan, mendapatkan dukungan lingkungan sekolah, dan menetapkan dasar perencanaan program. b) tahap perancangan terdiri dari penyusunan program tahunan dan program semester.
Kata Kunci: Rancangan, Bimbingan Karir
The objective of this research is to describe the planning of career guide services in an Indonesian Junior high school, SMP Negeri 8 Tarakan. this adopted a qualitative-descriptive approach, employing a triangulation as the analysis; it integrated the result of observation, interview and documentation. Based on the analysis, it revealed that the planning of career guide service is divided into two phases, is a) preparation which consists of need assessment, building support from a school environment and setting the base of program planning, and b) planning, made up of designing annual and semester programs. Keywords: Service, Career Guide, Planning, Need Assessment.