Analisis Strategi Pengembangan Usaha Anyaman Rotan Dayak Agabag Desa Lubok Buat Kecamatan Sembakung Atulai Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Strategi Pengembangan Usaha Anyaman Rotan Dayak Agabag Desa Lubok Buat Kecamatan Sembakung Atulai Kabupaten Nunukan

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Anyaman Rotan Dayak Agabag Desa Lubok Buat Kecamatan Sembakung Atulai Kabupaten Nunukan

Pengarang : Julianto Kornalius - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha anyaman Rotan Dayak Agabag di Desa Lubok Buat Kecamatan Sembakung Atulai Kabupaten Nunukan. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis matriks IFAS dan EFAS, Diagram SWOT dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor lingkungan internal utama UMKM anyaman Rotan Dayak Agabag dengan menggunakan matriks IFAS, untuk faktor kekuatan utama UMKM terdiri dari empat faktor, yaitu produk anyaman memiliki ukuran yang bervariasi, jenis produk yang ditawarkan bervariasi, bahan yang digunakan nyaman, produk anyaman tidak mudah rusak dan untuk kelemahan utama dari UMKM adalah promosi kurang maksimal, branding produk belum dikenal luas. Faktor- faktor lingkungan eksternal utama UMKM dengan menggunakan matriks EFAS, untuk peluang UMKM adalah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dan untuk ancaman utama UMKM terdiri dari dua faktor, yaitu tingkat penjualan yang terganggu dikarenakan pandemi Covid-19, bertambah banyak produk inovatif yang dipasarkan. analisis data menggunakan diagram cartesius SWOT menejelaskan bahwa UMKM anyaman Rotan Dayak Agabag berada pada kuadran 1 dengan nilai (x;y) (3.4;1.85). Posisi ini menunjukkan bahwa UMKM anyaman Rotan Dayak Agabag merupakan usaha yang berkembang, kuat dan berpeluang. Strategi yang paling sesuai untuk posisi UMKM pada kuadrand 1 adalah Strategi SO atau strategi Comparative Advantages, dimana UMKM memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang dimiliki.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT, Anyaman Rotan

The purpose of this study was to formulate a business development strategy for Dayak Agabag rattan wonen in Lobok Village, Sembakung Atulai District,Nunukan Regency. The data analysis methotds used to answer the problems in this research were IFAS and EFAS matrix analysis, SWOT diagrams, and SWOT analysis. The results showed that the main internal environmental factors of UMKM Dayak Agabag for rattan woven using the IFAS matrix, it can be seen that the main strength factors of UMKM consist of four factors,there were woven products had varying sizes, the types of varied products offered, the comfortable materials used,woven products are not easily damaged. The main weaknesses of UMKM were lack of marketing/less than optimal promotion and lack of prodoct/service branding that was not widely known. The main external environmental factor of UMKM using the EFAS matrix, it can be seen that the main opportunity faktor for UMKM was the development of information and communication technology and the main threat for UMKM consists of two factors,there were disrupted sales levels due to the Covid-19 pandemic, increasing numbers of innovative products in the market. Data analysis using the Cartesian SWOT diagram explains that the UMKM of DAyak Agabag rattan woven were in quadrant 1 with a value of (x:y) (3.4:1.85). This position shows that the UMKM of Dayak Agabag rattan woven is growing,strong,and opportunity business. Keywords: Business Development Strategy, SWOT Analysis, Rattan Woven

Detail Informasi