
The Problems In The EFL Class During The Covid-19 Pandemic At SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Tria Agustin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Situasi pandemi Covid-19 telah mengubah sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi pembelajaran online. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji penelitian yang bertujuan menemukan (1) strategi guru yang digunakan dalam menyelenggarakan kelas online selama masa pandemi Covid-19 (2) permasalahan yang dijumpai oleh siswa dalam pembelajaran online. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru menggunakan strategi-strategi pengajaran seperti direct instruction teaching strategy, indirect instruction teaching strategy, interactive teaching strategy, experiential/empirical teaching strategy dan independent teaching strategy. Untuk memaksimalkan penggunan strategi-strategi tersebut, guru menekankan pada pendekatan interpersonal guna mengetahui lebih dalam terkait karakter dan kebutuhan siswa. (2) Adapun permasalahan yang dijumpai dalam pembelajran online yaitu permasalahan teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil, kuota internet yang terbatas serta handphone yang tidak mendukung pembelajaran online, sedangkan permasalahan non-teknis yaitu sulit memhami materi secara mandiri dan kurangnya inisiatif dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian berikut, dapat dilihat bahwa sistem pembelajaran online tidak luput dari permasalahan-permasalahan atau hambatan-hambatan. Hal ini diatasi oleh guru dengan menggunakan strategi-strategi pengajaran online dan menekankan pada pendekatan interpersonal.
The Covid-19 pandemic situation has changed the teaching and learning system from face-to-face to online learning. This attracts researchers to examine research that aims to find (1) teacher strategies used in conducting online classes during the Covid-19 pandemic (2) problems encountered by students in online learning. The research methodology used is a qualitative method with a case research approach. Data collection techniques in this research were observation, interviews, and documentation. The subjects of this research were eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. The results showed that (1) teachers used teaching strategies such as direct instruction teaching strategy, indirect instruction teaching strategy, interactive teaching strategy, experiential/empirical teaching strategy and independent teaching strategy. To maximize the use of these strategies, the teacher emphasizes the interpersonal approach to find out more about the character and needs of students. (2) The problems encountered in online learning are technical problems such as unstable internet network, limited internet quota and cellphones that do not support online learning, while non-technical problems are difficult to understand the material independently and lack of initiative in learning. Based on the results of the following research, it can be seen that the online learning system is not free from problems or obstacles. This is overcome by the teacher by using online teaching strategies and emphasizing the interpersonal approach.