
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Kelas 3 SDN 017 Kota Tarakan
Pengarang : Eliana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas 3 SDN 017 Kota Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Januari semester genap TA 2021-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN 017 Kota Tarakan berjumlah 56 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 24 versi trial for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas 3 SDN 017 Kota Tarakan dengan persamaan regresi Y=9,540 + 0,453X, dimana signifikansi hubungan ditunjukkan oleh thitung 31,950 > ttabel 2,012. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas 3 SDN 017 Kota Tarakan. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,978 menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar berada pada skala hubungan sangat kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 95,6 % sedangkan sisanya 4,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar
This study aims to determine the effect of learning motivation on mathematics learning outcomes in the multiplication material of grade 3 students at SDN 017 Tarakan City. This type of research uses quantitative research which is carried out in January in the even semester of the 2021-2022 academic year. The population in this study were all 3rd grade students of SDN 017 Tarakan City totaling 56 students and the sample in this study amounted to 49 students. The technique of taking samples in this research is using purposive sampling. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews and documentation. The data from this study were processed using the help of the SPSS software trial version 24 trial version for windows. The results of this study indicate that there is a significant influence between learning motivation on learning outcomes in mathematics in the multiplication material of grade 3 students at SDN 017 Tarakan City with the regression equation Y=9.540 + 0.453X, where the significance of the relationship is shown by tcount 31.950 > ttable 2.012. This shows that there is an influence between learning motivation on learning outcomes in mathematics in the multiplication material for grade 3 students at SDN 017 Tarakan City. From the results of the correlation coefficient test obtained 0.978 indicating that the influence of learning motivation on learning outcomes is on a very strong relationship scale. Based on the results of the coefficient of determination test, the result is 95.6% while the remaining 4.4% is influenced by other variables. Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes