
The Use Of Picture Series Media To Improve Students Writing Skill In Narrative Text At The Eight Grade Students Of SMPN 4 Tarakan
Pengarang : Juria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa SMPN 4 Tarakan melalui media gambar seri. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Tarakan tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIII-6. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design pre-test dan post test. Peneliti menggunakan instrument tes dalam pengambilan data yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis keterampilan menulis pada pre-test masih rendah dengan (mean=59,38 SD=9.861) sedangkan pada post-test skor keterampilan siswa dikategorikan (mean=73,51 SD=10,969). Keterampilan menulis siswa meningkat secara signifikan dengan melihat rata-rata pre-test 59,38, pada akhir pembelajaran hasil media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa meningkat setelah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata menunjukan 73,51. Terlihat bahwa peningkatan rata-rata siswa pada post-test lebih tinggi daripada pre-test. Selain itu hasil uji t sample berpasangan menunjukan bahwa uji t sebesar 7,573 dibandingkan dengan t table 2,042. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri terbukt efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam menulis teks narrative di SMPN 4 Tarakan
The aimed of this research was to determine whether the use of picture series media has an effect to improve writing results of eight grade students at SMPN 4 Tarakan. the population of this research were eight grader students of SMPN 4 Tarakan in academic year 2021/2022. The number of samples in this study were 31 students of class VIII-6. This research used a pr experimental design one group pretest and post-test design with purposive sampling technique. the results showed that there was a difference between pretest and post-test. This is proven by the results of the average score of students. The mean score of the students on the pretest was 59.38 and the result on the post-test was 71.51. It can be seen that there is a significant increase in the average score of students in the post-test which higher than the pre-test. Therefore, the results of the paired t-test showed that the t-test of 7.573 was higher than the t-table of 2.042. Based on the results of the test, the researcher concluded that the use of picture series proved to be effective in improving the eight grader student's learning outcomes in writing narrative texts at SMPN 4 Tarakan.