
Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Tarakan
Pengarang : Eka Viqky Maryuandini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja guru pada Sekolah Mengengah Atas Negeri 2 kota Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMAN 2 Tarakan yang berstatus sebagai PNS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode survei dan metode pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. Pengukuran dalam kuesioner ini menggunakan skala interval 1 sampai 5 dengan penyebaran kuesioner sebanyak 47 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan model regresi berganda dengan uji t yang dibantu oleh program Spss dengan hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan maka semakin tinggi tingkat kinerja dan bermakna antar hubungan variabel kemampuan terhadap kinerja guru, dan menunjukkan bahwa ada atau tidaknya motivasi dalam diri guru tidak mempengaruhi kinerja karena guru tetap bekerja dengan baik sesuai dengan tanggung jawab guru tersebut.
This study was to determine the influence of competence and motivation to the performance among the teachers in a high school of SMA Negeri 2 Tarakan. The population was all teachers of government employee working there. This was a quantitative study, employing a survey method. The sampling was done by a purposive sampling. The questionnaire had an interval of 1-5; it was distributed to 47 respondents. The hypothesis testing was done using a multiple regression mode and t test, by making use of SPSS software. The result of the study showed that the competence had a positive and significant effect on their performance, but the motivation did not. This means that more competence the teachers are; their work performance will be higher or better. Meanwhile, whether or not the teachers had a motivation, it would not influence their performance. They will maintain their work as their responsibility.