
Analisis Kandungan Glukosa Pada Beras Krayan Dan Potensi Penerapannya Pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar Biologi
Pengarang : Tisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan riset analisis kandungan glukosa yang terdapat pada beras Krayan, penyebarluasan informasi terkait beras ini dapat dilakukan melalui pendidikan seperti penerapan informasi yang terkait kedalam bahan ajar berupa lembar Kerja siswa (LKS). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan Metode yang digunakan untuk uji karbohidrat menggunakan metode Luff Schoorl.Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara terkait varietas beras. Dari hasil uji tahapan metode Luff Schoorl dihasilkan kandungan glukosa beras krayan terendah yaitu beras abang 2,4192 mg, sedangkan beras kelabit 5,1966 mg dan beras nanung 6,72 mg. Selanjutnya, untuk bahan ajar yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berbasis riset pada beras Krayan didapatkan hasil validasi ahli materi dan desain kelayakan dengan nilai x = 3,3 yang berarti LKS dinyatakan layak dikembangkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi kelas XI tingkat SMA sederajat pada materi sistem pencernaan makanan.
The study aimed to research the analysis of glucose content in Krayan rice, dissemination of information about Krayan rice research can be done through education, such as the application of related information into teaching materials in the form of student worksheets (LKS). The study was a descriptive research with a quantitative approach, the method used to test carbohydrates using the Luff School method. The data were gathered using documentation and interviews related to rice varieties. From the results of the step-by-step test, the Luff Schoorl resulted in the lowest glucose content of Krayan rice, namely Abang rice, 2.4192 mg, while Kelabit rice 5.1966 mg, and Nanung rice 6.72 mg. Furthermore, based on research on Krayan rice, material expert validation and feasibility design results have obtained a value of x = 3.3 on the validation of the student's worksheet (LKS). It means that the LKS was declared feasible to be developed as teaching material in biology learning for class XI at the high school level on the subject of the digestive system.