
The Use Guided Questions Technique Towards Students' Writing Skill On Descriptive Text At Eight Grade Of SMPN 6 Tarakan
Pengarang : Stevani Nike - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Guided Questions dapat membantu siswa kelas delapan dalam menulis teks deskriptif dengan metode penelitian Pre-eksperimen. Peneliti mencoba untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan teknik Guided Questions. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan yang terdiri dari 28 siswa di SMPN 6 Tarakan. Instrumen penelitian adalah tes tertulis dengan pertanyaan yang membimbing dalam pretest dan posttest untuk mengukur pencapaian siswa dalam proses pembelajaran selama treatments. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest. Itu dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. Nilai rata-rata dalam pretest adalah 57.43 dan skor rata-rata pada posttest adalah 71.64. Skor rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum diberikan treatments dan sesudah diberikan treatments. Hasil uji dari paired sample test menunjukkan bahwa t-test (11.384) lebih tinggi dari t-table (2.052). Dalam penelitian ini, peneliti menemukan ada perbedaan yang signifikan setelah teknik Guided Questions diterapkan dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik Guided Questions telah terbukti menjadi teknik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dikelas VIII SMPN 6 Tarakan
The purpose of the research was to determine whether or not guided questions technique help students in writing a descriptive text, by implementing pre experimental method; it was done by comparing the difference of their writing before and after they were thought using guided questions techniques. The subject of this research was the eighth grader students of SMP N 6 Tarakan. There were 28 students. The instrument was a written test consisting of guided questions in pretest and post-test to measure the subjects' learning achievement during the treatment Based on the analysis, it indicated that there was a difference between the pretest and posttest. In terms of their average score, it was 57.43 from the pretest, and it increased after the posttest, 71.64. This proved a significant difference between the situation before and after the treatment. The result of paired sample test showed that the result of t test (11.384) was much higher than t-table (2.052). Thus, it can be concluded that guided questions technique has been proved to be an effective technique to improve students' writing skill, especially descriptive text, for the subject in this research.