Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animasi Pada Materi Proses Morfologis Kelas X Bahasa SMAN 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animasi Pada Materi Proses Morfologis Kelas X Bahasa SMAN 1 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animasi Pada Materi Proses Morfologis Kelas X Bahasa SMAN 1 Tarakan

Pengarang : Anggi Rosa Adelina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Anggi rosa adelina. 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk yang berupa videoscribe berbasis animasi dan untuk mengetahui kelayakan dan model penelitian yang dimodifikasi oleh borg and gall. Tahapan pengembangan pada penelitian ini diawali dengan mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesaian produk, melakukan validasi desain, revisi produk, setelah itu diujicobakan untuk melakukan tes hasil belajar dan memberikan penilaian produk pada siswa, tahap akhir ialah melakukan revisi produk agar menjadi lebih baik. Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase. Manfaat dari penelitian ini agar memudahkan siswa serta guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang sedang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat yang digunakan sebagai video animasi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 90%, hasil validasi media sebesar 87,5%, dan hasil validasi bahasa sebesar 95% serta hasil peserta didik sebesar 85%. Pada masa pandemi covid-19 uji coba produk dilakukan secara online melalui google formulir di kelas X Peminatan Bahasa di SMAN 1 Tarakan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran videoscribe berbasis animasi ini menunjukkan bahwa media memenuhi kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi proses morfologis.

This study aims to develop a product in the form of an animation-based videuscribe and to determine the feasibility and research model modified by borg and gall. The development stage in this research begins with looking for the potential and problems, collecting data, designing products, conducting design validation, and product revisions, after that it is tested to do test learning outcomes and giving product assessments to students, and the final stage is to revise the product to make it better. Data analysis was done by using the descriptive percentage analysis technigue. The benefit of this research is to help students and teachers in thc learning process become easier. The results showed that the media being developed was feasible and fulfilled the reguirements to be used as animated videos. It can be seen from the results of material validation is 90%, media validation results are 87.5%, language validation results are 95%, and the results of student responses are 85%. During the Covid-19 pandemic, product trials were carried out online via Google Forms in class X in Specialist on Language at SMAN 1 Tarakan. The results of this research on the development of animation based videoscribe learning media indicate that the media fulfill the feasibility to be used in Indonesian language learning, especially in the morphologica! process material.

Detail Informasi