Identifikasi Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Biologi Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Ditinjau Dari Taksonomi Anderson Dan Krathwohl | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Biologi Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Ditinjau Dari Taksonomi Anderson Dan Krathwohl

Identifikasi Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Biologi Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Ditinjau Dari Taksonomi Anderson Dan Krathwohl

Pengarang : Nur Aini Raden Saleh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi soal PTS berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Anderson dan Krathwohl. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah naskah soal penilaian tengah semester ganjil mata pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan tahun 2020/2021. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil soal yang telah terdokumentasi. Soal di identifikasi dengan menghitung presentase dimensi kognitif dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebaran dimensi kognitif pada kelas X yaitu C1 diperoleh 50%, C2 diperoleh 30% dan C4 diperoleh 20%. Kelas XI yaitu C1 diperoleh 90% dan C2 diperoleh 10%. Kelas XII yaitu C1 diperoleh 28,5%, C2 doperoleh 25,7%, C3 diperoleh 2,8% dan C4 diperoleh 42,8%. (2) sebaran dimensi pengetahuan pada kelas X yaitu F (faktual) diperoleh 20%, K (konseptual) diperoleh 50% dan P (prosedural) diperoleh 30%. Kelas XI yaitu F (faktual) diperoleh 50% dan K (konseptual) diperoleh 50%. Kelas XII yaitu F (faktual) 14,3% dan K (konseptual) 85,7%.

The study aimed to identify the proportion of PTS based on the cognitive dimension and the taxonomic knowledge dimension of Anderson and Krathwohl. The study uses the kind of research descriptive of a quantitative approach. The sample in this study is a manuscript about the odd midterm assessment of Biology subjects at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan year 2020/2021. Questions are identified by calculating the percentage of cognitive and knowledge dimensions. The results showed that (1) the distribution of cognitive dimensions in class X, namely C1 was obtained by 50%, C2 was obtained by 30% and C4 was obtained by 20%. Class XI namely C1 obtained 90% and C2 is obtained 10%. Class XII namely C1 obtained 28.5%, C2 obtained 25.7%, C3 obtained 2.8% and C4 obtained 42.8%. (2) the distribution of the knowledge dimension in class X, namely F (factual) obtained by 20%, K (conceptual) obtained by 50%, and K (conceptual) obtained 50%. Class XII namely F (factual) 14.3% and K (conceptual) 85.7%.

Detail Informasi