
Penyelenggaraan Bimbingan Karir Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Ajaran 2021-2022
Pengarang : Masliani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan karir yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan oleh guru bimbingan dan konseling. Penyelenggaran bimbingan karir adalah suatu proses bantuan, layanan, pendekatan terhadap individu agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengenal dunia kerja, merencanakan masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkan mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil sehingga mampu mewujudkan dirinya secara bermakna. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung, wawancara yang bertujuan memperoleh informasi, dokumentasi bertujuan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian. Adapun yang menjadi informan penelitian yaitu guru bimbingan dan konseling. Teknik analisis data data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penyelenggaraan bimbingan karir di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan disusun dalam suatu paket tertentu, yaitu paket bimbingan karir menunjukan bahwa dalam pelaksanaan paket bimbingan karir memang tidak terlaksana secara spesifik di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, namun ada beberapa paket bimbingan karir yang terlaksana seperti paket lima yaitu paket merencanakan masa depan, dan kegiatan bimbingan karir dilaksanakan secara instruksional dimana pada saat proses pembelajaran dimana dipadukan dengan kegiatan belajar mengajar, dan kegiatan bimbingan karir dilaksanakan dalam bentuk pengajaran unit yang memiliki jam khusus yang berikan oleh sekolah.
Kata Kunci: Penyelenggaraan Bimbingan Karir
The purpose of this study was to find out how the implementation of career guidance carried out at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan by guidance and counseling teachers. The implementation of career guidance is a process of assistance, services, approaches to individuals the fore it can know and understand themselves, get to know the world of work, plan a future that is in accordance with the form of life that is expected to be able to determine and make decisions correctly and be responsible for the decisions taken therefore they are able to manifest itself in a meaningful way. The type of research is descriptive qualitative through data collection by direct observation, interviews that aim to obtain information, documentation aims to obtain data directly from the research site. The informants of the research are guidance and counseling teachers. Data analysis techniques in the research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research on the implementation of career guidance at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan are arranged in a certain package, namely the career guidance package. It shows that in the implementation of the career guidance package it is not specifically implemented at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, but there are several career guidance packages that are implemented such as packages, namely: future planning packages, and career guidance activities are carried out in an instructional manner during the learning process which is combined with teaching and learning activities, and career guidance activities are carried out in the form of unit teaching which has special hours provided by the school. Keywords: Implementation of Career Guidance