Permainan Ludo-Ku Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 7 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Permainan Ludo-Ku Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 7 Tanjung Selor

Permainan Ludo-Ku Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 7 Tanjung Selor

Pengarang : Kasmia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangan permainan Ludo-Ku dan untuk menghasilkan produk permainan Ludo-Ku sebagai media Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Tanjung Selor. Penelitian pengembangan ini diadaptasi menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono (2015) yang dilaksanakan sampai pada tahap ke enam dan disesuaikan dengan penelitian pengembangan. Media ini merupakan salah satu media yang akan digunakan untuk membantu guru Bimbingan dan Konseling (guru BK) dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan skor yang diperoleh dari validator ahli desain sebesar 97 atau 81% berada pada kategori sangat layak, nilai skor dari validator ahli materi sebesar 112 atau 76% berada pada kategori layak. Adapun hasil penelitian dari respon guru menunjukkan skor yang diperoleh yaitu 97%, 93%, 100%, dan 94% berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Permainan Ludo-Ku sebagai Media Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Tanjung Selor sangat layak dan baik dijadikan dan dugunakan sebagai media layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama (SMP/Sederajat).

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Permainan Ludo-Ku

This research developed Ludo-Ku game to produce Ludo-Ku game products as Guidance and Counseling media at SMP Negeri 7 Tanjung Selor. This development research adapted the Borg and Gall's development research design in Sugiyono (2015) performed up to the sixth stage and adjusted with development research. This was one of media used to assist the Guidance and Counseling teachers to implement the guidance and counseling services at schools. The results showed that the score obtained from the design expert validator was 97 or 81% and classified into greatly feasible category, the score from the material expert validator was 112 or 76% and classified into feasible category. The research results from the teachers' responses showed that the obtained scores were 97%, 93%, 100%, and 94% categorized into greatly feasible category. Thus, it can be concluded that the development of Ludo-Ku Game as the Guidance and Counseling Media at SMP Negeri 7 Tanjung Selor was greatly feasible and appropriate to use as media for the Guidance and Counseling services at Junior High Schools/Equivalent. Keywords: Research and Development, Ludo-Ku Game Media

Detail Informasi