
The Effect Of Homophone Flashcards In Improving Student's Pronunciation At The Tenth Grade Of SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Desyie Ita Markus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kartu flash homofon terhadap peningkatan pengucapan siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini menerapkan Metode Pra-eksperimental, dengan satu kelompok eksperimen Prates dan Post-tes yang terdiri dari enam pertemuan termasuk perlakuan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel adalah 32 siswa di kelas X IPA 2. Instrument penelitian ini adalah tes membaca dengan menekankan pengucapan dan pelafalan. Data yang dianalisis adalah pre-test dan post-test menggunakan media flashcards secara tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS digunakan untuk analisis statistik. Hasil dari penelitian ini ada nya perbedaan skor dari kedua tes tersebut dalam penggunaan flashcards sebelum dan sesudah diajarkan. Peneliti menetapkan nilai rata-rata siswa dalam tes menulis antara pretest dan posttest. Hasil uji t sampel berpasangan dari pretest dan posttest menunjukkan bahwa t-test adalah -12,776. Derajat kebebasan (df) adalah 31 dan tingkat signifikansi adalah 95%. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung (-12,776) lebih tinggi dari t-tabel (2,039). Setelah data dianalisis menggunakan SPSS versi 22.0, peneliti menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap pengucapan siswa yang menggunakan flashcards homofon di kelas sepuluh SMA Negeri 3 Tarakan. Perbedaan rerata menunjukkan bahwa rerata skor posttest (82,97) lebih tinggi dari rerata skor pretes (50,91). Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, penerapan Homophones Flashcards adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pengucapan siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Homophones Flashcards efektif dalam meningkatkan pengucapan siswa.
The purpose of this study was to determine the effect of homophones flash cards in improving the pronunciation of class X IPA 2 students at SMA Negeri 3 Tarakan. The study used a pre-experimental design, with one experimental group consisting of six meetings, including treatment, and one pretest and post-test experimental group. Purposive sampling was used to collect the sample , which consisted of 32 students from class X IPA 2. A reading exam with a number of students and pronunciation was used as the research instruments. Pretest and posttest data were examined using flashcards media in face to face teaching and leaning activities. SPSS, a statistical analysis progam, was used to analyze the data. The result of this study showed that there were changes in the scores of the two exams when flashcards were used before and after being taught. Between the pretest and posttest, the researcher calculated the students’ average writing test score. The paired sample t-test revealed that the t-test was -12.776 in both the pretest and postest. The number of degree of freedoom (df) was 31, and the level of significance was 95%. The t-count (-12.776) was higher than the t-table in this case (2.039). The researcher found a substantial influence on students utilizing homophone flashcards at the tenth grade of SMA Negeri 3 Tarakan after analyzing the data using SPSS version 22.0. The difference in mean indicated that the mean posttest score was higher than mean pretest score (82.97). (5091). Therefore , Ha was accepted and Ho was rejected. The application of Homophones Flashcards was an effective medium to improve students’ pronunciation. The use of Homophones Flashcards was effective in improving students’pronunciation.