Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema Menjaga Warisan Budaya Kota Tarakan terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema Menjaga Warisan Budaya Kota Tarakan terhadap Siswa Kelas VII  SMP Negeri 1 Tarakan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema Menjaga Warisan Budaya Kota Tarakan terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Bastari Satriyo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa materi teks tema menjaga warisan budaya Kota Tarakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan dan menghasilkan produk lembar kerja siswa tema menjaga warisan budaya Kota Tarakan yang efektif dari segi kelayakan dan kefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian yaitu, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Penelitian ini perlu adanya batasan dalam skala kecil (dalam Emzir, 2017:271) dan dimodifikasi oleh Setyosari (2013) yang hanya sampai pada 7 langkah penelitian yaitu pengumpulan data dan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil penelitian dari validasi lembar kerja siswa materi teks tema menjaga warisan budaya Kota Tarakan melalui angket oleh pakar materi mendapat 85% yang diperoleh dari 3 indikator pokok penilaian yaitu kesesuaian materi dengan KD, keakuratan materi, dan penyajian pendukung. Pakar bahasa mencapai 90% yang diperoleh dari 10 indikator penilaian dan dinyatakan sangat layak, pakar desain mencapai 75% dikategorikan sangat layak, angket tanggapan dari guru terhadap lembar kerja siswa tema menjaga warisan budaya sebesar 90% dinyatakan sangat praktis, dan tanggapan siswa mencapai 97% dan uji keterbacaan produk sebesar 98%. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi