
Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas V SDN 051 Tarakan
Pengarang : Milka Lumbaa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang di lakukan di kelas V SD Negeri 051 Tarakan tahun pembelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan model team assisted individualization (TAI) pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa menunjukkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 051 Tarakan. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif 47%, siklus II menjadi 76%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek afektif 24%, siklus II menjadi 76%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik 35%, siklus II menjadi 82%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi target. Dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 051 Tarakan.
Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Hasil Belajar
The objective of the research was class action research at class V of SDN 051 Tarakan in the academic year of 2020/2021. The total students were 17. This wa conducted in two cycles with four procedures of planning, acting, observing, and reflecting in each cycles. Based on the analysis, it was proved that Team Assisted Individualization model improve the student's learning achievement at class V of SDN 051 Tarakan. At cycle I, the cognitive aspect of their learning mastery was 47%, and it increased to 76% in the second cycle. A similar improvement was also seen in other two aspects: the affective aspect was 24% in cycle I, and it increased to 76% in cycle II, The psychomotor aspect was 35% in cycle I and it increased to 82% in cycle II. Thus, learning achievement has reached the target. It concludes that Team Assisted Individualization model in on-line learning was able to improve the students' learning achievement in the thematic at class V of SDN 051 Tarakan. Keywords: Team Assisted Individualization Model, Learning Achievement