Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV-C Pada Materi Daur Hidup Hewan Di SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV-C Pada Materi Daur Hidup Hewan Di SDN 006 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV-C Pada Materi Daur Hidup Hewan Di SDN 006 Tarakan

Pengarang : Flora Ghodlif Robert - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan peserta didik untuk memperoleh makna dari ilmu pengetahuan yang di gunakan sebagai dasar dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Dengan adanya pemahaman konsep, maka siswa dapat menguasai materi dan menangkap arti dalam suatu konsep. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV-C pada materi daur hidup hewan yang berada di SDN 006 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun fokus penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan pemahaman konsep IPA siswa, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa dapat diketahui bahwa pada indikator pertama, subjek kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep pada daur hidup hewan, subjek kemampuan sedang kurang mampu memenuhi indikator soal dan siswa kemampuan rendah tidak mampu memenuhi indikator. Pada indikator kedua, subjek kemampuan tinggi dan sedang mampu memenuhi indikator, sedangkan subjek kemampuan rendah tidak mampu memenuhi indikator. Pada indikator ketiga, subjek kemampuan tinggi mampu memenuhi indikator sedangkan subjek kemampuan sedang dan rendah tidak mampu memenuhi indikator, namun hanya ada beberapa soal yang mampu menyelesaikannya.

Kata Kunci: Deskripsi, Pemahaman Konsep IPA, Siswa

Students’ ability to comprehension concepts refers to their ability to derive meaning from the knowledge that underpins these learning activities. Students can grasp the meaning of a notion once they have grasped the concept. The purpose of the study was to describe the ability of IV-C students at SDN 006 Tarakan to comprehend natural science (IPA) ideas using animal life cycle materials. Descriptive qualitative research was used in this type of study. This study focused on students’ capacity to comprehend natural science (IPA) subject. Test of students’ comperhension of natural science (IPA) concepts, interviews, and document studies were employed as data collection technique in this study. Techniques for data analysis inclued data reduction, data display, and drawing conclusions. The results showed that in the first indicator, high ability subjects were able to meet all indicators of concept comprehension capacity in the animal life cycle, moderate ability subject were less able to meet the question indicators, and low ability subjects were unable to meet the indicators. High and medium ability subject were able to meet the indicators in the secobd indicator, but low ability subjects were unble to satisfy the indicators. High ability subjects were able to meet the indicators in the third indication, however moderate and low ability subjects were unable to meet the indicators, and only a few questions were able to solve them. Keywords: Description, Comprehension of Natural Science (IPA) Concepts, Students

Detail Informasi