Perspektif Siswa Terkait Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Kelas V SDN 007 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perspektif Siswa Terkait Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Kelas V SDN 007 Tarakan

Perspektif Siswa Terkait Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Kelas V SDN 007 Tarakan

Pengarang : Ratna Yunita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat tatanan kehidupan mengalami perubahan termasuk dalam dunia pendidikan, yang mulanya proses pembelajaran dilakukan tatap muka atau luring, saat ini dilakukan pembelajaran dari rumah atau secara daring. Pembelajaran dalam jaringan memerlukan upaya yang tepat dan maksimal sehingga motivasi siswa dalam belajar tetap tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring kelas V SDN 007 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) Pola Asuh Orang Tua dan variabel terikat (dependent) Motivasi Belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring kelas V SDN 007 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana melalui uji t diperoleh thitung sebesar 5,566 dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai ttabel pada taraf signifikan a=0,05 dengan (df) = n – k = 51 – 2 = 49 diperoleh sebesar 1,676. Maka, thitung 5,566 > ttabel 1,676 dengan taraf signifikan 5% dengan thitung > ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi pada regresi dapat diketahui bahwa nilai R-square 0,387, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Pola Asuh Orang tua) terhadap variabel terikat (Motivasi Belajar) adalah sebesar 38,7% sedangkan sisanya 61,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

The COVID-19 pandemic has changed the order of life, including in the world of education, where previously the learning process was carried out face-to-face or offline, now learning is carried out from home or online. Learning with networks requires appropriate and maximum efforts so that students' motivation in learning remains high.This study aims to determine the effect of parenting on students learning motivation in online education class at SDN 007 Tarakan grade V. This study uses a quantitative approach with descriptive research methods. In this study there are two variables, that are the independent variable which is Parenting Patterns and the dependent variable which is Learning Motivation. The data collection technique uses a questionnaire and documentation. The results of this study indicate that there is an influence of parenting patterns on students learning motivation in online education class at SDN 007 Tarakan grade V. This can be seen from the results of simple linear regression analysis through the test t obtained tcount of 5.566 with a significant value of 0.000 and a value of ttabel at the significant level a = 0.05 with (df) = n - k = 51 - 2 = 49 obtained 1.676. So, tcount 5.566 > ttable 1.676 with a significant level of 5% with tcount > ttable, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Then from the results of the coefficient of determination in the regression, it can be seen that the R-square value is 0.387, which implies that the influence of the independent variable (Parental Parenting) on the dependent variable (Learning Motivation) is 38.7% while the remaining 61.3% is influenced by by other factors not studied. Keywords: Parenting, Learning Motivation, Online Education

Detail Informasi