
Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Ditinjau Dari Self Efficacy
Pengarang : Seheril - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dan pada setiap indikatornya ditinjau dari self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tarakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 158 siswa kelas VIII yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika sedang dengan nilai rata-rata 75. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 94,81 yang tergolong tinggi pada indikator memahami masalah, 91,67 yang tergolong tinggi pada indikator meyusun rencana, 67,68 yang tergolong rendah pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 60,00 yang tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali. Siswa dengan self efficacy sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika sedang dengan nilai rata-rata 74. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 94,07 yang tergolong kategori tinggi pada indikator memahami masalah, 96,11 yang tergolong tinggi pada indikator meyusun rencana, 65,45 yang tergolong rendah pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 40,74 yan tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali. Siswa dengan self efficacy rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika sedang dengan nilai rata-rata 70. Rincian untuk setiap indikator memperoleh nilai rata-rata 93,33 yang tergolong tinggi pada indikator memahami masalah, 86,48 yang tergolong tinggi pada indikator meyusun rencana, 61,82 yang tergolong rendah pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan 36,61 yang tergolong rendah pada indikator memeriksa kembali.
Kata Kunci: Self Efficacy, Pemecahan Masalah Matematika
This objective of this research was to describe the mathematical problem-solving ability and each of its indicators was viewed from self-efficacy of the eighth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was carried out at SMP Negeri 5 Tarakan in the even semester of the academic year 2021/2022. The population of this research was all of eighth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan. The sample consisted of 158 eighth grade students who were taken using cluster random sampling technique. The data were collected using a set of test and a questionnaire. The results showed that the students who experienced high self-efficacy had a moderate mathematical problem-solving ability ith a mean score of 75. The details to each of indicators were obtained the following mean score: 94.81 was categorized as high on the indicator of understanding the problem, 91.67 was categorized as high on the indicator of formulating a plan, 67.68 was categorized as low on the indicator of implementing a completion plan, and 60.00 was categorized as low on the indicator of rechecking. The students ho had a moderate self-efficacy got a moderate mathematical problem-solving ability with a mean score of 74. The details to each of indicators were obtained the following mean score: 94.07 was classified into high category on the indicator of understanding the problem, 91.11 was classified into high category on the indicator of formulating a plan, 65.45 was classified into low category on the indicator of implementing a completion plan, and 40.74 was classified into low category on the indicator of re-checking. The students with low self-efficacy had a moderate mathematical problem-solving ability with a mean score of 70. The details to each of indicators were obtained the following mean scores: 93.33 was in high category on the indicator of understanding the problem, 86.48 was in high category on the indicator of formulation a plan, 61.82 was in low category on the indicator of implementing a completion plan, and 36.61 was low on the indicator of re-checking. Keywords: Self-Efficacy, Mathematical Problem-Solving