Pengembangan Media Pembelajaran V-Math Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran V-Math Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran V-Math Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Hikma Maulina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 10 Tarakan di kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa video pembelajaran “V-Math” berbasis aplikasi powtoon yang layak sebagai media pembelajaran pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (R & D) Sugiyono (2019) level 4. Adapun tahapannya terdiri atas 11 tahapan. Tahapannya dimulai dari (1) potensi dan masalah, (2) studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) rancangan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) pembuatan produk, (7) uji coba terbatas dengan subjek 5 orang siswa, (8) revisi produk 1, (9) uji coba lapangan utama dengan subjek 24 orang siswa, (10) revisi produk 2, (11) dan desiminasi. Produk V-Math terdiri atas dua yaitu V-Math 1 dan 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk V-Math yang dikembangkan berdasarkan aspek materi memperoleh skor hasil sebesar 8 dengan kategori penilaian layak dengan persentase 100%, aspek media memperoleh skor hasil sebesar 12 dengan kategori penilaian layak dengan persentase 85,7%, aspek media memperoleh skor hasil sebesar 14 dengan kategori penilaian layak dengan persentase 100%. Sedangkan hasil uji coba terbatas produk V-Math dari aspek kemudahan penggunaan produk memperoleh skor sebesar 87 dengan kategori penilaian sangat layak dan persentase 87%, dan hasil uji coba lapangan utama produk V-Math dari aspek keterbacaan media memperoleh skor sebesar 1184 dan 1194 dengan kategori penilaian layak dengan persentase 77%. Sehingga produk V-Math dapat dikatakan layak sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.

Kata Kunci: Layak, Pengembangan, Powtoon, V-Math

This research was classified into R & D (Research and Development) conducted at Grade VIII of SMP Negeri 10 Tarakan. The purpose of this research was to produce products in the form of "V-Math" learning videos based on Powtoon application which were feasible as learning media on Pythagorean Theorem materials for the Grade VIII SMP Negeri 10 Tarakan. This development model used reaserch and development (R & D) Sugiyono (2019) at level 4 consisting of 11 stages. The stages started from (1) potential and problem, (2) literature study and information collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product making, (7) limitied trial with 5 students as subjects, (8) products revision 1, (9) main field trial with the subjects of 24 students, (10) product revision 2, (11) dissemination. The V-Math products consisted of V-Math products based on the materials aspect obtained the score of 8 and were classified into feasible category with the percentage of 100%, while the media aspect obtained the score of 12 and was classified into feasible category with the persentage of 85,7%, and the media aspect obtained the score of 14 and was classified into feasible category with the persentage of 100%. The results of V-Math products in their limited trial from the aspect of ease of use obtained the score of 87 and were classified into feasible category with the persentage of 87%, and those of V-Math products in their main field trial from the aspect of media readability obtained the score of 1184 and 1194 and were classified into feasible category with the persentage of 77%. Thus, V-Math products can be said feasible as learning media for the Grade VIII students of SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Eligible, Development, Powtoon, V-Math

Detail Informasi