
The Students' Perception On English Learning Through Google Classroom At Eight Grade SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Endah Agustina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil persepsi siswa tentang pembelajaran Bahasa Inggris melalui Google Classroom untuk mengetahui sejauh mana pendapat siswa selama pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan menggunakan aplikasi pembelajaran. Desain dari penelitian ini adalah metode campuran dimana peneliti menggabungkan antara data kualitatif dengan data kuantitiatif untuk memperoleh data. Peneliti menggunakan penyajian secara deskriptif untuk menyampaikan hasil penelitian. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument kuisioner dan lembar wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tarakan yang terdiri dari 33 siswa diambil melalui Purposive Sampling. Berdasarkan hasil angket kuisioner siswa menunjukan bahwa 1) sebanyak 51,5% siswa memilih pembelajaran dilangsungkan secara tatap muka, 2) sebanyak 60,6% siswa merasa nyaman ketika pembelajaran bahasa inggris dilangsungkan melalui google classroom, 3) sebanyak 57,6% siswa membutuhkan sumber belajar lain selain buku, 4) sebanyak 72,7% siswa merasa kesulitan memahami materi pembelajaran jika disampaikan melalui google classroom, 5) sebanyak 54,5% siswa selalu bertanya kepada guru ketika mereka tidak dapat mengucapkan bahasa inggris dengan benar dan 6) sebanyak 60,6% siswa merasa pembelajaran melalui google classroom memiliki pengaruh baik terhadap nilai pembelajaran. Berdasarkan aspek tersebut, dapat dilihat faktor persepsi yang paling mempengaruhi pembelajaran siswa ialah kesulitan siswa karena faktor kebutuhan.
The purpose of this study was to describe the results of student perceptions of English learning through Google Classroom and the extent of student opinions in using learning applications. The design of this study were a mixed method where the researcher combined qualitative data and quantitative data to obtained the data. The researcher used descriptive presentation to convey the results. In data collection technique, the researcher used a questionnaire and an interview sheet as the instrument. The subject of this research were the students at class VIII-A of SMP Negeri 5 Tarakan which consists of 33 students and it was taken through purposive sampling. Based on the results of questionnaire, it showed that 1) there was 51.5% of students choose face-to-face learning, 2) 60.6% of students feel comfortable when learning English is carried out through Google Classroom, 3) there was 57.6% of students need other learning resources besides books, 4) 72.7% of students find difficulty to understand learning material if it is delivered thorugh Google Classroom, 5) 54.5% of students always ask the teacher when they cannot pronounce English correclty, and 6) 60.6% of students feel that learning through Google Classroom has a good influence on the value of learning. Based on these aspects, it can be concluded that the perception factor which most influences the student learning was students difficulties due to need factor.