Survey Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs DDI Tarakan Tahun Ajaran 2022 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survey Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs DDI Tarakan Tahun Ajaran 2022

Survey Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs DDI Tarakan Tahun Ajaran 2022

Pengarang : Herawati Safitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Masa remaja dikenal sebagai masa dimana penuh masalah, masa remaja adalah masa transisi dalam rentang kehidupan manusia yang menghubungkan masa kanak-kanak dan masa dewasa. Dalam hal ini bimbingan dan konseling sangat diperlukan mengingat bahwa dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari berbagai persoalan dan permasalahan yang dapat menghambat pengembangan hakekat manusia yang berasal dari kondisi prasarana, sarana, dan kelembagaan masyarakat, kelembagaan pendidikan, perkembangan dan teknologi dan kondisi individu itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MTs DDI Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian survey yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa yang diambil adalah siswa yang pernah mengikuti bimbingan kelompok dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MTs DDI Tarakan, secara garis besar berjalan dengan baik dengan nilai presentase (90,3%) dan sisanya merespon dengan cukup dan kurang.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok

Adolescence is know as a problematic period. Adolescence is the transition in human life connecting childhood with adulthood. In this case, guidance and counseling are greatly needed given that human life cannot be separated from various problems and issues which may inhibit human nature’s development from the cinditions of infrastructures, facilities, and community condition. The objective of this research was to examine the effectiveness of group guidance service implementation at MTs DDI Tarakan. This research used quantitative approach with descriptive survey research. The research used was 90 students. The research samples were 31 students who had participated in group guidance using purposive sampling technique. The data were analyzed using descriptive statistical analysis technique. The research results showed that the group guidance service implementation at MTs DDI Tarakan had generally been very effective with percentage value of (90.3%) and remainder responded it was effective and less effective. Keywords: Group Guidance

Detail Informasi