
Peran Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Educator) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri 011 Tarakan
Pengarang : Ulfah Silviana Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Peran kepala sekolah sebagai pendidik (educator) harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kinerja guru, seperti kemampuan kepala sekolah membimbing guru terutama dalam hal yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Mengingat pentingnya peran kepala sekolah sebagai pendidik (educator) maka penelitian ini berfokus pada peran kepala sekolah sebagai pendidik (educator) dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 011 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah SD Negeri 011 Tarakan telah melaksanakan perannya sebagai pendidik (educator) dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: (1) sebagai pendidik (educator) dengan membimbing guru pada proses perencanaan pembelajaran yang dapat dilihat melalui adanya kalender pendidikan, buku kurikulum, program tahunan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) sebagai pendidik (educator) dengan membimbing guru pada proses pelaksanaan pembelajaran yang dapat dilihat melalui supervisi kelas yang dilakukan kepala sekolah dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang memuat strategi, media pembelajaran, model pembelajaran, (3) sebagai pendidik (educator) dengan membimbing guru pada proses evaluasi pembelajaran yang dapat dilihat melalui kegiatan rapat yang diadakan kepala sekolah untuk mengevaluasi pembelajaran dan menyediakan buku yang digunakan guru dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Pendidik (Educator), Kinerja guru
In his role as an educator, a principal must improve the quality of learning carried out by teachers. To improve teacher performance, the principal should provide supervision, especially in lesson planning, learning implementation, and learning evaluation. Given the importance of the principal's role as an educator, this research focused on the role of the principal as an educator in improving teacher perfomance at SD Negeri 011 Tarakan. This research is descriptive qualitatiive research. Sources of data consisted of primary data and secondary data, with principals, school supervisors, and classroom teacher as the informants. Data collection techniques used were observation, interviews, and document studies. Qualitative data analysis techniques were applied through the process of data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the principal of SD Negeri 011 Tarakan had carried out his role as an educator in improving teacher performance by (1) providing supervison to teachers in the learning planning process in preparing educational calendars, curriculum books, annual programs, and lesson plans (RPP), (2) providing supervision to teachers in the learning implementation process throught classroom supervision and lesson plans (RPP) (3) providing supervision to teachers in the learning evaluation process through learning evaluation meetings and providing books for teachers as learning references. Keyword: Role Of Principal, Educator, Teacher Performance