Phonological Interference Of Students' First Language In Pronouncing English Words At MTs. DDI Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Phonological Interference Of Students' First Language In Pronouncing English Words At MTs. DDI Tarakan

Phonological Interference Of Students' First Language In Pronouncing English Words At MTs. DDI Tarakan

Pengarang : Isni Yulianty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Studi ini menunjukkan interferensi fonologi yang dialami oleh siswa dalam melafalkan kosa-kata bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhi interferensi pengucapan. Responden dalam penelitian ini adalah tiga puluh delapan siswa SMP kelas 9-A. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pengucapan dengan membaca dan merekam lima puluh kosa-kata bahasa Inggris, mengisi kuesioner, dan wawancara dengan tiga siswa sebagai representatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga interferensi fonologi yang terdiri dari penggantian bunyi, penambahan bunyi, dan penghilangan bunyi. Hasil analisis data juga menunjukkan kombinasi interferensi seperti penggantian bunyi dan penambahan bunyi, kemudian penggantian bunyi dan penghilangan bunyi. Adapun data lainnya menunjukkan faktor utama yang mempengaruhi siswa ketika mengucapkan kosa-kata bahasa Inggris adalah transfer negatif dari bahasa ibu ke bahasa asing. Faktor lainnya adalah kurangnya pengetahuan karena sedikitnya pembelajaran pengucapan. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami transfer negatif ketika mengucapkan kosa-kata bahasa Inggris. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pada proses belajar-mengajar. Siswa harus lebih memperhatikan pembelajaran pengucapan sehingga siswa memiliki pengetahuan untuk melafalkan kosa-kata bahasa Inggris dengan benar dan juga memiliki kesadaran yang tinggi terhadap interferensi bahasa ibu dalam melafalkan vokal dan konsonan bahasa Inggris. Studi ini juga menyarankan bahwa guru harus memberikan perhatian ekstra pada masalah ini. Guru diharapkan dapat membantu siswa untuk mengurangi kesalahan dalam pengucapan kosa-kata bahasa Inggris.

This research aimed to show the phonological interference experienced by students in pronouncing English vocabulary and the factors that influence pronunciation interference. Respondents in this study were thirty-eight junior high school students in Grade 9-A. This research used a descriptive-qualitative method. The instrument used to collect data was a pronunciation test, conducted by reading and recording fifty vocabularies, filling out a questionnaire, and interviewing three students as representatives. The results of the data analysis showed that there are three phonological interferences: sound replacement, sound addition, and sound omission. Meanwhile, other data showed that the main factors that influence students when pronouncing English vocabulary are negative transfer from L1 to foreign language, lack of knowledge due to lack of pronunciation learning. It can be concluded that students experienced negative transfer when pronouncing English vocabulary. The implications of this research were expected to help in the teaching and learning process. Students should pay more attention to pronunciation learning so that they also be aware of L1 interference in pronouncing English vowels and consonants. This research also suggested teachers to pay more attention to the interference issue. Teachers were expected to help students reduce errors in the pronunciation of English vocabulary.

Detail Informasi