Pengembangan Media Aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) Pada Materi Campuran Heterogen Dan Campuran Homogen Di Kelas V SDN 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) Pada Materi Campuran Heterogen Dan Campuran Homogen Di Kelas V SDN 049 Tarakan

Pengembangan Media Aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) Pada Materi Campuran Heterogen Dan Campuran Homogen Di Kelas V SDN 049 Tarakan

Pengarang : Erinna Putri Maharani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran, yang ditinjau dari validasi media, materi dan juga bahasa. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap media aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik). Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang telah dilakukan terhadap ahli media diperoleh persentase sebesar 92%, ahli materi sebesar 90%, ahli bahasa 90%. Hasil validasi yang dilakukan menunjukkan bahwa media aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) berada pada kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba ketertarikan siswa terhadap media aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik) memperoleh persentase sebesar 84% pada uji coba terbatas, dan 94% pada uji coba pemakaian produk akhir. Hasil dari uji coba terbatas dan juga uji coba pemakaian menunjukkan bahwa siswa merasa sangat tertarik terhadap media aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik).

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan; Model ADDIE; Aplikasi Si Cerdik (Cerdas Mendidik)

This study was Research and development (R&D). The purpose of this study was to develop Si Cerdik (Smart Educate) application that was acceptable to use in learning from the perspective of media, content, and language validation. In addition, this study was conducted to determine student’s interest on Si Cerdik application media (Smart Educate). This study employed research procedure form ADDIE development paradigm, which has five stage- Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of the validation on media experts, material experts, and linguists obtained a percentage of 92%, 90% and 90%, respectively. The results of the validation process, Si Cerdik application media (Smart Educate) was appropriate category usage in educational settings. In a limited trial, 84% of students showed interest on Si Cerdik application media (Smart Educate), and 94% of students showed interest on the final product. The results of both the limited trial and the usage trial showed that the students were very interested to Si Cerdik application media (Smart Educate). Keywords: Research and Development; ADDIE Development Model; Si Cerdik Application (Smart Educate)

Detail Informasi