Meta Analysis Penelitian Pengembangan Media Bidang Pendidikan Biologi Di Indonesia | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meta Analysis Penelitian Pengembangan Media Bidang Pendidikan Biologi Di Indonesia

Meta Analysis Penelitian Pengembangan Media Bidang Pendidikan Biologi Di Indonesia

Pengarang : Herry Antonius - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara meta analysis penelitian pengembangan media bidang pendidikan biologi di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode meta analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 data yang terdiri dari skripsi dan artikel penelitian. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor hasil validasi ahli media, ahli materi dan respon guru/praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa kajian meta analisis penelitian pengembangan media bidang pendidikan biologi di Indonesia pada 8 studi yang telah dianalisis menggunakan metode meta analisis menunjukkan rata-rata studi memiliki nilai positif dan bervariasi dan berdasarkan perbandingan hasil nilai effect size keseluruhan pada hasil skor validasi ahli dan respon guru/praktisi menunjukan bahwa penelitian dilakukan oleh Anifah Rozalia, Kasrina, Irwandi Ansori (2018) pada materi pelajaran Keanekaragaman Hayati dengan menggunakan media pembelajaran Handout dan penelitian Nilam Novianti, Endik Deni Nugroho, Silfia Ilma (2019) pada materi pelajaran Archaebacteria dan Eubacteria dengan menggunakan media pembelajaran POP-UPSNAKES and LADDERS dengan nilai effect size 0,75 dan merupakan penelitian dengan kategori penelitian dengan nilai effect size paling tinggi dari 8 penelitian yang ada serta lebih efektif dan cocok digunakan pada jenjang pendidikan tingkat SMA/MA.

This study aims to analyze the meta-analysis of research on the development of biological education media in Indonesia. This type of research is quantitative research that uses meta-analysis method. The sample in this study was 8 data consisting of thesis and research articles. Overall data was obtained based on the results of the validation scores of media experts, material experts and teacher/practitioner responses. The results show that Based on the results of the analysis that has been carried out that the meta-analysis study of media development in the field of biology education in Indonesia in 8 studies that have been analyzed shows that the use of the meta-analysis method shows that the average study has positive and varied values ​​and is based on a comparison of the results of the overall effect size on The results of expert validation scores and teacher/practitioner responses show that the research was conducted by Anifah Rozalia, Kasrina, Irwandi Ansori (2018) on the subject matter of Biodiversity using the Handout learning media and research by Nilam Novianti, Endik Deni Nugroho, Silfia Ilma (2019) on the material Archaebacteria and Eubacteria lessons using the POP-UPSNAKES and LADDERS learning media with an effect size value of 0.75 and is a research category with the highest effect size value out of 8 existing studies and is more effective and suitable for use at the educational level. SMA/MA level fish.

Detail Informasi