
Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Nurul Aksar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi di kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan sebanyak 63 siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner konsep diri dan kebiasaan belajar dan dokumen hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ1 = 32,703 + 0,383 X, dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ2 = 39,344 + 0,291 X. Selain itu hasil penelitian menujukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 27,208 + 0,329X1 + 0,129X2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui konsep diri dan kebiasaan belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 10,9% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika
This research aims to investigate the effect of self-concept, study habits, and both self-concept and study habit on students’ mathematics achievement at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. This research was conducted in the even semester 2021/2022. The type of research was quantitative research with survey methods. The sample was 63 students of IX class of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Data collection techniques used by distributing self-concept questionnaires and study habits and mathematics learning outcomes documents. The data obtained through statistical data processing program, namely 25.0. The results can be revealed that there was a partially significant effect between self-concept on mathematics learning achievement of class IX wits the regression equation 1 = 32,703 + 0,383 X, and there was a partially significant effect between study habits on students’ mathematics achievement with the regression equation 2 = 39,344 + 0,291 X. In addition, the results of the research also showed that there was a simultaneous significant effect between self-concept and study habits on the mathematics learning outcomes of class IX students with the regression equation = 27,208 + 0,329 X1 + 0,129 X2. Based on the calculation of coefficient of determination, it was revealed that self-concept and study habits simultaneously had an effect of 10.9% on the mathematics learning outcomes of class IX students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Keywords: Self Concept, Study Habits, Mathematics Learning Outcomes