
Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIB Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Di SDN 043 Tarakan
Pengarang : Widiana Binta Afdhila - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIB di SDN 043 Tarakan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini melibatkan 23 siswa kelas VIB SDN 043 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes soal dan wawancara mendalam terhadap 8 siswa yang mewakili subjek penelitian untuk diwawancarai dari 23 siswa yang mengalami kesalahan-kesalahan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (a) kesalahan membaca terjadi apabila siswa tidak mengetahui cara membaca satuan volume dan luas alas, (b) kesalahan memamahi terjadi karena siswa tidak memahami beberapa kata dalam soal, siswa tidak mampu memilih dan menemukan informasi yang terdapat dalam soal, dan siswa tidak mampu memahami informasi yang disampaikan secara tersirat. (c) Kesalahan transformasi terjadi karena ketidakpahaman subjek dalam menentukan metode penyelesaian, siswa menggunakan strategi yang tidak tepat karena tidak memahami soal dan subjek hanya menghafal rumus tanpa mengetahui konsepnya, (d) kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, siswa tidak menghafal dan tidak mampu mengoperasikan perkalian, siswa tidak mampu menjalankan tahapan dalam menyelesaikan masalah, perhatian siswa teralihkan pada soal lain, siswa tidak mengetahui perhitungan akar pangkat 3, siswa tidak menggunakan informasi dengan lengkap, dan ketidakhati telitian siswa dalam menuliskan operasi hitung, (e) kesalahan penulisan jawaban akhir terjadi karena kesalahan yang dilakukan sebelumnya terutama pada tahap keterampilan proses dan siswa tidak terbiasa menuliskan kembali jawaban akhir sesuai dengan bentuk soal. Kesalahan yang berbeda ini harusnya ditindak lanjuti oleh guru dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada siswa berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Untuk penelitian selanjutnya yang mungkin dilakukan adalah merancang strategi bagi guru dalam memecahkan masalah matematika, khususnya pada jenis-jenis kesalahan pemahaman dan kesalahan keterampilan proses karena memiliki persentase kesalahan yang tinggi.
Kata Kunci: Kesalahan, Bangun Ruang, Penyelesaian Soal Matematika
The purpose of the study is to describe the types of errors made by class VIB students at SDN 043 Tarakan in solving math problems on solid (geometry) materials based on Newman's procedure. This study involved 23 students of class VIB SDN 043 Tarakan. The type of this research is descriptive qualitative. Data was collected using tests and in-depth interviews with 8 students as representative subjects to be interviewed. Based on the results of the study, it was found: that (a) reading errors occurred when students did not know how to read the unit volume and area of the base, and (b) understanding errors occurred because the students did not understand some of the words in the questions, students were unable to choose and found the information contained in the questions, and students are not able to understand the information conveyed implicitly. (c) The transformation error occurred due to the subject's incomprehension and inaccuracy in determining the solution method because they did not understand the problem and the subject only the formula without knowing the concept, (d) the process skill error occurred because, the students did not memorize and were unable to operate multiplication, students were unable to complete stages of problem-solving, students' attention was diverted to other questions, students did not know the solution to the cube root of 3, students did not use complete information, and students were not careful in writing arithmetic operations, (e) errors in writing the final answer occurred because of mistakes made previously, especially in the process skills stage and students were not accustomed to rewriting the final answer according to the form of the question. Different mistakes should be followed up by the teacher by giving different treatment to students based on the mistakes made. For further research, it is possible to design strategies for teachers in solving mathematical problems, especially in understanding errors, transformation errors, and process skills errors because they had a high percentage of errors. Keywords: Mistakes, Solid (Geometry), Math Problem Solving