Identifikasi Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP IT Ibnu Abbas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP IT Ibnu Abbas Tarakan

Identifikasi Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP IT Ibnu Abbas Tarakan

Pengarang : Catur Octaviani Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Ibnu Abbas Tarakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada kelas XI putra dan putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang mengalami kesulitan belajar yakni siswa yang memiliki nilai KKM yang tidak memenuhi pada UAS Ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ada dua yaitu data kuantitatif yang di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Sedangkan untuk data kualitatif dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil presentase angket untuk setiap faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IX SMP IT Ibnu Abbas Tarakan dari faktor internal yakni untuk indikator intelegensi sebesar 22,76%, indikator sikap belajar sebesar 9,66%, indikator minat siswa sebesar 20,00%, indikator motivasi belajar sebesar 12,42%, indikator kebiasaan belajar sebesar 20,00%, indikator konsentrasi belajar sebesar 5,51%, indikator kesehatan sebesar 9,65%,. Kemudian dari faktor eksternalnya yakni untuk indikator lingkungan keluarga sebesar 16,30%, indikator lingkungan masyarakat sebesar 28,26% , indikator lingkungan sekolah sebesar 34,79% dan indikator lingkungan rumah sebedar 20,65%. Sedangkan Faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IX SMP IT Ibnu Abbas Tarakan dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari intelegensi, sikap belajar, minat belajar, motivasi belajar, kebiasaan belajar, konsentrasi belajar dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Matematika

This research aimedto identify factors causing the students’ mathematical learning difficulties. This research was conducted at Grade XI male and Grade XI female of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan in the even semester of academic year 2020/2021. This research was classified into a mixed (qualitative and quantitative) research study. The research subjects were 37 Grade IX students experiencing learning difficulties with the scores below the Minimum Standard Mastery (known as KKM Kriteria Ketuntasan Minimal) in the Odd SemesterFinal Examinations of academic year 2021/2022. The research data were collected using questionnaires, interviews, and documentation. There are two reseach data consistingof quantitative data which were analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The questionnaire precentage results on each factor causing the mathematical learning difficulties experienced by the Grade IX students of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan included internal factors, such as intelligence by 22.76%, learning attitude by 9.66%, student interest by 20.00%, learning motivation by 12.42%, learning habit by 20.00%, learning concentration by 5.51%, and health 9.65%. Meanwhile, the external factors included family environment by 16.30%, community environmental by 28,62%, school environment by 34.79%, and home environment by 20.65%. Thus, the factors causing the mathematical learning were divided into 2 factors: internal factors and external factors. The internal factors consisted of intelligence, learning attitude, learning interest, learning motivation, learning habit, learning concentration and health. Meanwhile, the external factors consisted of family environment, community environmental, school environment and home environment. Keywords: Learning Difficulties, Learning Difficulty Factors, Mathematics

Detail Informasi