
Identifikasi Kemampuan Metakognitif Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Faridhoh - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan metakognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 3 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) kepada sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 254 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan memiliki kemampuan metakognitif yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kemampuan metakognitif siswa tingkat baik sebanyak 46.92%, cukup baik sebanyak 47.05%, dan tidak baik sebanyak 6.04%. Kemudian untuk setiap komponennya, jumlah responden pada aspek pengetahuan metakognitif sebanyak 56.30% responden memiliki pengetahuan deklaratif yang baik, 51.18% responden memiliki pengetahuan prosedural yang baik dan 57.87% responden memiliki pengetahuan kondisional yang cukup baik. Lalu pada aspek keterampilan terdapat 52.76% responden memiliki keterampilan merencanakan yang baik, 56.69% responden memiliki keterampilan memantau yang cukup baik, dan 49.61% responden memiliki keterampilan mengevaluasi yang baik.
Kata Kunci: Metakognitif, Metacognitive Awareness Inventory (MAI)
This research aimed to describe the metacognitive ability level of students’ mathematical learning at Grade VIII of State Junior High School 3 Tarakan. This research used a descriptive-quantitative method. This research was carried out on the Grade VIII students at the even semester in the academic year of 2021/2022 at State Junior High School 3 Tarakan. The data were collected through questionnaire on Metacognitive Awareness Inventory (MAI) distributed to the research samples. The samples were 254 students, taken through saturated sample technique. The research results showed that averagely, the Grade VIII students of State Junior High School 3 Tarakan had pretty good metacognitive ability. This was proven with their average metacognitive ability at the levels of good at 46.92%, average at 47.05%, and poor at 6.04%. For each component in terms of metacognitive knowledge aspect, 56.30% respondents had good declarative knowledge, 51.18% respondents had good procedural knowledge, and 57.87% respondents had average conditional knowledge. In regard skill aspect, 52.76% respondents had good planning skill, 56.69% respondents had average monitoring skill, and 49.61% respondents had good evaluating skill. Keywords: Metacognitive, Metacognitive Awareness Inventory (MAI)