
Pengaruh Pemberian Reinforcement Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Pinteria Winda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pemberian Reinforcement Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa di kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner reinforcement dan minat belajar secara langsung. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara pemberian reinforcement terhadap minat belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ= 25,787 + 0,666 X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisisen determinasi, diketahui bahwa reinforcement memberikan pengaruh sebesar 40,9% terhadap minat belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Reinforcement, Minat Belajar
This research aimed to figure out the Effect of Reinforcement on Manthematical Learning Interest of Students at SMP Negeri 10 Tarakan. This research was conducted in the even semester of academic year 2021/2022. The research used a quantitative study with a survey method. The research samples were 113 Grade IX students of SMP Negeri 10 Tarakan. The data were collected by directly distributing the reinforcement and learning interest questionnaires. The collected data were statistically processed using the SPSS 23.0 application. The research results showed that reinforcement partially affected mathmematical learning interest of Grade IX students at SMP Negeri 10 Tarakan with the regression equation of Ŷ= 25,787 + 0,666 X. Based on the determination coefficient calculation, reinforcement affected learning mathematical interest of Grade IX students of SMP Negeri 10 Tarakan by 40.9%. Keywords: Reinforcement, Learning Interest