
Etnomatematika Pada Ornamen Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan Dan Pandangan Siswa MTs Negeri Tarakan Terkait Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika
Pengarang : Nadya Meidhita Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Etnomatematika pada Ornamen Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan dan pandangan siswa MTs Negeri Tarakan Terkait Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika (Dibimbing oleh Jero Budi Darmayasa dan Hermansyah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui unsur matematika yang terdapat pada ornamen Masjid Baitul Izzah Islamic Center yang ada di Kota Tarakan dan mengetahui pandangan siswa MTs Negeri Tarakan jika etnomatematika pada ornamen masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika di sekolah. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian yaitu terdapat beberapa konsep matematika pada ornamen masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan seperti pada bagian masjid yaitu enamel kubah masjid, plafon kubah masjid, ventilasi menara yang memuat konsep bangun datar yaitu belah ketupat, segitiga, persegi panjang dan oktagon, kemudian pada daun pintu masjid, dinding bagian depan, aula memuat konsep transformasi geometri yaitu refleksi dan rotasi serta pada bagian pagar tangga masjid memuat konsep kekongruenan dan kesebangunan. selain itu didapatkan juga hasil mengenai pandangan siswa MTs Negeri Tarakan bahwa siswa tertarik dan lebih mudah memahami materi matematika jika enomatematika dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika di sekolah khususnya etnomatematika pada ornamen masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan.
Kata Kunci: Etnomatematika, Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan
Ethnomatematics on the Islamic Center Ornaments of Baitul Izzah Mosque Tarakan and perspective of students from MTs Negeri Tarakan on its application in Mathematical Learning (Supervised by Jero Budi Darmayasa and Hermansyah). This research was a qualitative study aiming to figure out the mathematical elements contained in teh islamic center ornaments of Baitul Izzah Mosque Tarakan and Perspective of Students from MTs Negeri Tarakan if the ethnomathematics contained in the islamic Center ornaments of Baitul Izzah mosque Tarakan was used as a context in learning mathematics at the related school. This research used a case study approach with the data collection techniques through interview, observation, and documentaion. The research results showed that there were several mathematical concepts in the Islamic Center ornaments of Baitul Izzah mosque Tarakan, such as the mosque's enamel dome, dome ceiling, and tower ventilation, which had the concept of plane figures, such as rhombus, triangle, rectangle, and octagon; then the mosque's door leaf, front wall, and hall, which had the concept of geometric transformation, such as reflection and rotation; furthermore, the fences of mosque stairs, which had the concept of congruence and similarity. The results on the perspective of students from MTs Negeri Tarakan showed that the students were the ethnomatematics was used as a context in learning mathematics at school, especially ethnomathematics in the Islamic Center ornaments of Baitul Izzah mosque in Tarakan. Keywords: Ethnomathematics, Islamic Center Baitul Izzah Mosque Tarakan