
Deskripsi Permasalahan Guru Di Kelas V SDN 006 Tarakan Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah)
Pengarang : Feni Risawana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Masa pandemi covid-19 telah menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah) pada pembelajaran matematika yang dianggap sulit, hal inilah yang memunculkan permasalahan bagi guru dalam pelaksanaannya. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas V SDN 006 Tarakan pada mata pelajaran matematika dalam pelaksanaan BDR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian yaitu di SDN 006 Tarakan. Informan pada penelitian ini ialah guru dan siswa kelas V SDN 006 Tarakan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru melakukan pembelajaran matematika dengan menerapkan metode yang sama pada semua pembelajaran, hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi selama pelaksanaan BDR. Guru menggunakan aplikasi whatsapp sebagai sarana perantara materi ajar. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh guru yaitu, (1) Penyampaian materi pembelajaran dalam video yang dibuat oleh guru dirasa terlalu cepat (2) Guru mengalami kendala pada media pembelajaran dalam proses pembuatan video yang membutuhkan waktu cukup lama, iklan di aplikasi yang muncul menghambat dan mengganggu proses pembuatan video, serta sulitnya menyimpan video dikarenakan memori HP guru penuh.
Kata Kunci: Permasalahan Guru, Pelajaran Matematika, BDR
The Covid-19 epidemic time had caused difficulties in implementing BDR (Learning from Home) in mathematics, which was deemed tough, and this was what causes difficulty for teachers in implementing it. In this regard, the purpose of this study was to describe the difficulties faced by the teachers at class V SDN 006 Tarakan in mathematics through the implementation of BDR. The research location approach. The teachers and the students at class V SDN 006 Tarakan participants in this study. This study used interview data collection technique, observation, and documentation. The process of analyzing data was done by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study which was adjusted to the setting and conditions during the implementation of BDR. Teachers utilized Whatsapp application as a means of intermediary for teaching materials. (1) The delivery of learning contents through videos created by teachers was deemed too rapid, (2) Teachers had difficulty with leaning media in the process of creating videos, which took a long time, adverts in programs that appeared to obstruct and interfere with the process of creating videos, and the difficulty of saving videos due to teacher’s cellphone capacity. Keywords: Teacher Problems, Mathematics Lessons, BDR