
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Media Surat Kabar Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Neneng Anjarwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran discovery learning dalam kemampuan menulis teks berita dengan media surat kabar siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Januari 2022 di SMPN 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain True Eksprimental Design model Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan sejumlah 40 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel keseluruhan berjumlah 252 yang terdiri dari 8 kelas. Maka anggota sampel diambil secara acak, agar semua kelas dapat terwakili. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-H sebagai kelas kontrol. Data analisis dengan menggunakan uji statistik independent sampel t-test dengan bantuan software SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sampel t-test diperoleh thitung 6,112 pada taraf signifikan dan df = 38 diperoleh nilai ttabel 1.685 berarti thitung ≥ ttabel (6,112 ≥ 1.685) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinggan “Penggunaan metode pembelajaran discovery learning efektif terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan”. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapannya metode pembelajaran berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran metode discovery learning sedangkan, kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sehingga kedua kelas memiliki perbandingan nilai yang didapat yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol.
This research aimed to figur out the effectiveness of discovery Learning method on news writing skill through newspaper media of grace VIII students of SMPN 5 Tarakan. This research used a quasi-exsperimental study with a True Pretest-Posttest Experimental Design model. The research population included 40 Grade VIII student of SMPN 5 Tarakan. The research samples were selected using a Simple Random Sampling technique. The total samples were 252 students from 8 classes. The samples were randomly selected representing all classes. Grade VIII-A was selected as the experimental class, while VIII-H was the control class .The collected data were then analyzed using a statistical test of independent sample t-test assisted with SPSS software version 23 for windows. The results of inferential statistical analysis test using indepentdent sample t-test showed that the t-count value was 6.112 at the significant level and df= 38 with the t-table value of 1.685, meaning that t-count ≥ t-table (6,112 ≥ 1.685) . Thus, Ho was rejected, while Ha was accepted. This aksi means that the use of discovery Learning method affected the news writing skill of Grade VIII students at SMPN 5 Tarakan. Both experimental class used the discovery Learning method, while the cantrol class used the conventional method. Thus, the experimental class had higher scores than the control class.