
Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Isi Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Yuliawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio visual pada kemampuan menyimak isi berita siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design model Pretest-Posttest Control Group Design. Model desain ini terbagi menjadi 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Startified Random Sampling dengan total sampel 40 siswa yang masing-masing kelompok berjumlah 20 siswa. Adapun teknik tes yang dilakukan berupa Pretest – Posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Independent Sample t-test dengan bantuan Software SPSS Versi 23 For Windows. Berdasarkan data pada baris Equal variance assumed (varians diasumsikan sama) diperoleh t-hitung 4.342 pada taraf signifikan a= 0,05 dan dk = 38 diperoleh nilai t-tabel 1.697 berarti t-hitung ≥ t-tabel (4.342 ≥ 1.697) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan “penggunaan media audio visual efektiv terhadap pembelajaran keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan”. Dengan penggunaan media audio visual membuat siswa lebih antusias dan lebih aktif dalam menerima dan menyimak pembelajaran. Hal inipun tak lepas dari peran guru sebagai fasilitator yang membimbing siswa.
This research aimed to figure out the effectiveness of audio-visual learning media for the students' listening skill on news content at the Grade VIII of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was classified as an experimental study with a True Experimental research model using a Pretest-Posttest Control Group Design to both experimental and control classes. The research population was all grade VIII students of SMP Negeri 5 Tarakan. 40 students were obtained as the research sample collected using a Startified Random Sampling technique. Each group consisted of 20 students. The research data were collected through Pretetst-Posttest. The collected data were then statistically analyzed using the Independent Sample t-test. Based on the data presented on the Equal variance assumed line (the variance is assumed to be the same), the obtained t-count value was 4.342 at the significant level of 0.05 and dk of 38, while the t-table value was 1.697, meaning that t-count was off t-table (4.342 ≥ 1.697). Thus, H0 was rejected, while Ha was accepted. Based on the obtained data , it can be conclude that audio-visual media is effective for the students’ learning skill on news content atbthe Grade VIII SMP Negeri 5 Tarakan. By using the audio-visual media, the students were more enthusiastic and mote active in listening to tue learning activities. However, this is inseparable from the role of teacher as facilitator in guiding tue students.