
Pengembangan Booklet Berbasis Potensi Lokal Berdasarkan Inventarisasi Jenis Ikan Di Wilayah Sungai Sedulun Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Vertebrata Kelas Pisces
Pengarang : Yunita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa booklet berbasis potensi lokal berdasarkan inventarisasi jenis ikan di wilayah sungai sedulun sebagai sumber belajar pada materi vertebrata kelas pisces yang berkualitas dari segi kelayakan menurut penilaian beberapa ahli. Jenis penelitian merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Development, Disseminate, akan tetapi. pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ke 3 yaitu tahap Development. Data uji kelayakan produk dilakukan melalui validasi ahli yang meliputi ahli media, ahli materi, dan praktisi. Sedangkan data respon siswa diperoleh dari uji coba respon siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh penilaian dari hasil ahli media sebesar 82% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat layak, praktisi sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan respon siswa sebesar 91% dengan kategori sangat suka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa booklet berbasis potensi lokal berdasarkan inventarisasi jenis ikan di wilayah sungai sedulun sebagai sumber belajar pada materi vertebrata kelas pisces yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi di sekolah.
This reserch aimed to produce a learning resource in the form of a quality local potential-based booklet referring to the inventory of fish species in River Sedulun area as a learning resource related to vertebrate materials on Pisces class assessed by several experts. The research was classified into R&D (Research and Development) with a 4-D development model consisting of four stages: Defining, Designing, Developing, and Dissminating. However, this development was performed only until the 3rd stage (Development). The product feasibility tests were validated by the experts, including media expert, material expert, and practitioner. Meanwhile, the students’ response data were obtained from the students’ responses were respectively 82% (greatly feasible), 94% (greatly feasible), 84% (greatly feasible), and 91% (highly interested). Based on the research results, it can be concluded that the developed local potential-based booklet referring to the inventory ot fish species in River Sedulun area as a learning resource related to vertebrate materials on pisces class has met the criteria of highly feasible to be used as a learning resource for biology learning at school.