Identifikasi Keanekaragaman Kupu-Kupu Di Desa Kalunsayan Kecamatan Tulin Onsoi Dan Potensi Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA/MA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Keanekaragaman Kupu-Kupu Di Desa Kalunsayan Kecamatan Tulin Onsoi Dan Potensi Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA/MA

Identifikasi Keanekaragaman Kupu-Kupu Di Desa Kalunsayan Kecamatan Tulin Onsoi Dan Potensi Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA/MA

Pengarang : Yulita Linya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman kupu-kupu di Desa Kalunsayan kecamatan Tulin Onsoi dan potensi implementasinya pada pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA. Penelitian telah dilakukan pada Desember 2021- Januari 2022. Lokasi penelitian adalah dua titik stasiun yaitu stasiun I di daerah perkebunan dan stasiun II di daerah pemukiman warga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksplorasi, pengumpulan data dengan menggunakan metode jelajah dan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman kupu-kupu yang ditemukan ada 26 spesies dari 4 famili yaitu Papilionidae 5 spesies, Nymphalidae 16 spesies, Pieridae 4 spesies dan Hesperidae 1 spesies, dengan nilai indeks keanekaragaman pada dua titik stasiun sebesar H'=3,18. Hasil penelitian berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi yang terdapat pada kompetensi dasar 3.2 dan kompetensi dasar 4.2 dengan materi Keanekaragaman Hayati yang dituangkan dalam bentuk Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran biologi berupa insektarium.

This study aimed to figure out the diversity of butterflies in Kalunsayan Village, Tulin Onsoi Distric and implementation potentials for Biology learning in Grade X of Senior High School (SMA/MA). The research was conducted one December 2021- January 2022. The research location were two station onces: stasion I was in plantation areas and station II was in residential areas. This research was considered as a descriptive-explorative study. The data were collected using the exploring method with both quantitative and qualitative apporoaches. The samples were collected using a purposive sampling technique. The result showed that there were 26 butterfly species from 4 families: 5 species of Papilionidae, 16 species of Nymphalidae, 4 species of Pieridae, and 1 species of Hesperidae with the diversity index value at two station points of H'=3,18. The research results have the potential to be used as a biology learning source as contained in the basic competences 3.2 and 4.2 with the material of Biodiversity as outlined in the syllabus, Lesson Plan, and biology learning media in the form of insects.

Detail Informasi