
Identifikasi Jenis Kegiatan Pendidikan Di Museum Flora Dan Fauna Tarakan
Pengarang : Muhammad Ridwan Suyetno - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pendidikan serta menganalisis tren kunjungan kegiatan pendidikan dan non pendidikan di Museum Flora dan Fauna Tarakan. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berasal dari seluruh pengunjung di museum flora dan fauna pada tahun 2019. Data diperoleh berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh kegiatan pendidikan yang dilakukan di museum flora dan fauna kota Tarakan berupa kegiatan observasi yang dilakukan oleh pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menegah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan juga tingkat Universitas. Sedangkan tren kunjungan kegiatan pendidikan dan non pendidikan pada tahun 2019 terdapat perbedaan yang signifikan yaitu kegiatan non pendidikan jauh lebih banyak dibandingkan kegiatan pendidikan. Terdapat 80% jumlah pengunjung kegiatan non pendidikan sedangkan dalam kunjungan kegiatan pendidikan sebanyak 20% dari total seluruh pengunjung pada tahun 2019
This research aimed to examine educational activities and analyze the visit trend of educational and non-educational activities at the Tarakan Museum of Flora and Fauna. This research used a survey and quantitative approach. The research samples were all visitors at the museum of flora and fauna in 2019. The data were obtained from interview and documentation. The research result were educational activities at the museum of flora and fauna of Tarakan in the form of observational activities by student from elementary school (SD), junior high school (SMP), senior high school (SMA), to college levels. There was significant difference, that the visit trend of non-educational activities in 2019 was much more than educational activities. There were 80% visitors of non educational activities, while there were 20% visitors of educational activities out of total visitors in 2019