Analisis Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD 002 Muhammadiyah Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD 002 Muhammadiyah Nunukan

Analisis Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD 002 Muhammadiyah Nunukan

Pengarang : Nazila Nur Azni Salmah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kesulitan membaca sering didefinisikan sebagai gejala kesulitan dalam memperlajari komponen-komponen kata dan kalimat, sedangkan kesulitan menulis ialah kesulitan mengekspresikan pikiran dalam bentuk lambang-lambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca dan menulis yang dialami siswa kelas III SD 002 Muhammadiyah Nunukan. Dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan membaca dan menulis tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan membaca dan menulis siswa yang dikonfirmasi dengan proses wawancara dan observasi. Sebanyak 15 siswa kelas III menjadi partisipan dalam penelitian dan mengikuti tes yang diberikan. Setelah ini peneliti memilih 4 siswa kelas III yang dari hasil tes diketahui mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memang masih adanya terdapat kesulitan membaca dan menulis yang dialami siswa. Berdasarkan hasil tes yang diikuti siswa tersebut dimana kesulitan membaca yang dialami siswa antara lain: siswa belum lancar dalam membaca, masih terbata-bata dalam mengeja, siswa sulit membedakan huruf yang bentuknya hampir mirip, siswa banyak melakukan kesalahan dengan menganti kata, mengulang kata, dan menghilangkan kata, karena kesulitan-kesulitan tersebutlah siswa banyak melakukan kesalahan. Dan hasil tes keterampilan menulis menunjukan bahwa memang masih adanya kesulitan yang dialami siswa antara lain; siswa terlambat dalam mengumpulkan tugas, tulisan tidak rapi, tulisan tidak bisa dibaca atau terlalu jelek, siswa banyak menghilangkan huruf dalam kata, dan siswa menulis dengan huruf besar dan kecil yang tidak beraturan, penggunaan tanda baca tidak tepat dan benar. Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan membaca dan menulis siswa terbagi atas dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Kata Kunci: Kesulitan Membaca Dan Menulis, Faktor Penyebab

Reading difficulties are frequently defined as a difficulty symptom in learning the components of words and sentences, while writing difficulties are defined as a difficulty symptom in expressing thoughts in the form of symbols. This research aimed to figure out the reading and writing difficulties experienced by the Grade III students of SD 002 Muhammadiyah Nunukan and factors causing the students’ reading and writing difficulties. This research used a qualitative study. The research data were collected by testing the students' reading and writing skills confirmed through interview and observation processes. A total of 15 Grade III students were selected as the research participants and then given the tests. The researcher then chose 4 Grade III students found having reading and writing difficulties. The research results showed that those students still had reading and writing difficulties. Based on the results of the tests completed by these students, their reading difficulties included less-fluent, stammering, unable to distinguish almost similar letters in shape, as well as making mistakes by changing, repeating, and eliminating words. Thus, the students made many mistakes. The writing test results showed that the students still had many difficulties, such as late in collecting the assignments, less-neat writing, unreadable writing results, omitted letters in producing written words, as well as irregular upper- and lower-case letters, and incorrect punctuation marks. The students' reading and writing difficulties were caused by both internal and external factors. Keywords: Reading and Writing Difficulties, Causing Factors

Detail Informasi