
Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Magnet Kelas VI Di SDN 012 Tarakan
Pengarang : Ririn Arista Suryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari ahli materi dan ahli media, serta kemenarikan ditinjau dari angket respon guru dan angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi); 5) Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VI-B SDN 012 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 92% dan ahli media sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Hasil yang diperoleh dari angket respon guru sebesar 96%, angket respon siswa uji coba terbatas sebesar 98,66%, dan pada angket respon siswa uji coba lapangan sebesar 94,66% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan maka, multimedia interaktif dinyatakan layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Multimedia Interaktif
This research aims to investigate the feasibility of designing interactive multimedia material from the experts. The type of research was Research and Development (R&D). The development model used ADDIE model consists of: 1) Analysis; 2) Design (Design); 3) Development (Development); 4) Implementation (Implementation); 5) Evaluation (Evaluation). The data collection instruments were validation sheets, teacher response questionnaires and student response questionnaires. The validation obtained that developing material or content was 92% and media was 80% with a very decent category. The teacher's responses were 96%, the student responses were 98.66%, and Try-out response was 94.66% with a very interesting category. Based on the results of the validation of material experts, media experts, teacher response, and student response on designing interactive multimedia was declared feasible and interesting to use in the learning process at State Elementary School 012 Tarakan. Keywords: Research and Development (R&D), Multimedia Interactive