
Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Melalui Tata Tertib Sekolah Di SD Negeri 004 Tarakan
Pengarang : Mey Krisliana Gultom - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Disiplin merupakan sikap mental yang dimiliki oleh individu dalam mengatur diri dan hakikatnya mencerminkan rasa ketaatan dan kepatuhan dalam menaati peraturan-peraturan yang ada guna meningkatkan karakter moral dan nilai-nilai yang baik dalam diri individu. Oleh karena itu kedisiplinan itu sangatlah penting diterapkan dimanapun khususya dilingkungan sekolah. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V melalui tata tertib sekolah di SDN 004 Tarakan serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V melalui tata tertib sekolah di SDN 004 Tarakan. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapaun tahapan analisis data dilakukan dengan cara yaitu: 1) data reduction, 2) data display, 3) conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dibutuhkan peran aktif guru yaitu peran guru sebagai pendidik dan pengajar, peran guru sebagai model dan teladan, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai pembimbing dan evaluator. Faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor internal (faktor dari diri siswa itu sendiri) dan faktor eksteral (faktor dari luar siswa seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat). Selain faktor internal dan ekternal faktor lain yang memengaruhi kedisiplinan siswa adalah faktor keteladanan, hukuman, lingkungan berdisiplin dan pembiasaan.
Kata Kunci: Karakter Disiplin, Peran Guru, Tata Tetib Sekolah
Discipline is a mental attitude possessed by individuals in self-regulation and essentially reflects a sense of obedience in obeying existing regulations in order to improve moral character and good values in individuals. Therefore, it is essential to apply discipline everywhere, especially in the school environment. The research aims to investigate the teacher's role to improve the discipline of fifth graders through school rules at State Elementary School 004 Tarakan. To achieve the above objectives, researchers used a descriptive qualitative approach. The key instrument in this research was the researcher himself and the data collection techniques were observation, interviews and document studies. The stages of data analysis were carried out in the following ways: 1) Data reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. The research results that in improving student discipline, the active roles of the teachers were needed, namely the teacher's role as educator, the teacher's role as a model, the teacher's role as a motivator, the teacher's role as a guide and evaluator. The supporting and inhibiting factors in this study were influenced by internal factors (factors from the students themselves) and external factors (factors from outside students such as the family, school and community environment). In addition, other factors that influence student discipline were exemplary factors, punishment, disciplined environment and habituation. Keywords: Discipline, Teacher Role, School Regulation