
Deskripsi Kesulitan Menulis Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 035 Tarakan
Pengarang : Erda Jayanti Sandala’bi’ - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Kesulitan menulis merupakan suatu ketidakmampuan seseorang dalam menuangkan pikiran, ide dan gagasannya menjadi sebuah tulisan. Keterampilan menulis tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dengan kemampuan lainnya yaitu, membaca, berbicara dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan menulis yang dialami siswa kelas IV pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi gagasan pokok dan gagasan pendukung. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A SDN 035 Tarakan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapaun tahapan analisis data dilakukan yaitu: 1) Data reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa kesulitan menulis yang dialami siswa pada materi gagasan pokok dan gagasan pendukung yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dimana rendahnya minat membaca siswa, serta belum mampu membedakan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung. Dalam kegiatan menulis terdapat kesulitan menulis yang dialami siswa yaitu dalam kegiatan menulis dengan tangan/menulis permulaan, mengeja dan ekspresif.
Kata Kunci: Kesulitan Menulis, Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Writing difficulty is individual’s inability to express his thoughts and ideas into writing. Writer’s skill cannot stand alone, but is correlated with other abilities: reading, speaking and listening. This research aimed to examine the writing difficulties found by the Grade IV students in Indonesian Language subject on main and supporting ideas materials. This research was performed on Grade IV-A State Elementary School 035 Tarakan and used descriptive qualitative approach. The instruments for data collection were: test, observation, interview and documentation. The data analysis stages were: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. From the research results, it was found that the writing difficulties found by the students on the main and supporting ideas were about students’ lack of understanding of the materials with their low interest in reading an inability to distinguish main ideas from supporting ideas. The writing difficulties that the students found were writing activity by hand/starting writing, spelling and expression. Keywords: Writing Difficulty, Main Idea and Supporting Idea