Analisis Struktur Jembatan Beton Prategang Bentang 50 Meter (Ring Road Universitas Borneo Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Struktur Jembatan Beton Prategang Bentang 50 Meter (Ring Road Universitas Borneo Tarakan)

Analisis Struktur Jembatan Beton Prategang Bentang 50 Meter (Ring Road Universitas Borneo Tarakan)

Pengarang : Reynaldi Tandisalla - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur untuk penghubung antar daerah yang terpisahkan oleh rintangan. Oleh karena itu jembatan dibuat harus memenuhi syarat kekakuan, lendutan, dan ketahanan terhadap beban yang bekerja. Tujuan dari penelitian Tugas Akhiri adalah melakukan analisis dan desain struktur balok girder dari beton prategang. Beban-beban yang bekerja adalah beban mati (MS), beban mati tambahan (MA), beban kendaraan (TD), beban rem (TB), beban pejalan kaki(TP), dan beban angin (EW). Gaya-gaya dalam diperoleh menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan Program SAP2000 Nonlinier. Desain dilakukan secara manual, berdasarkan Peraturan RSNI T – 02 – 2005 dan Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung. Hasil desain dan analisis yang telah dilakukan pada Tugas Akhir ini memperoleh lendutan dari perhitungan analitis sebesar 114,97 mm dan dari program SAP2000 sebesar 181,98 mm untuk girder tanpa tendon, sedangkan untuk girder dengan tendon didapat lendutan 54,62 mm untuk analitis dan 47,54 mm untuk cara perhitungan dengan SAP2000. Jumlah tendon yang digunakan sebanyak 6 tendon dengan tiap tendon terdiri dari 12 strand dan tiap strands memiliki luas 98,7mm2. Tulangan utama balok gider menggunakan 32D13 mm, tulangan geser balok girder menggunakan diameter 13mm, tulangan utama diafragma menggunaan 16D22 mm, tulangan geser diafragma menggunakan diameter D13 - 100 mm, dan tulangan spalling menggunakan 4D13 mm.

Bridge is structure that used for join between areas that separated by barriers. Therefore, the bridge is build must have stiffness, strength, deflection, and have resistance load. The purpose of research this thesis is to analyze and design of prestressed concrete beams. Loads that work is dead loads (MS), additional dead loads (MA), vehicle loads (TD), brake loads (TB), pedestrian loads (TP), and wind loads. The internal forces were obtained by finite element method with the aid of SAP2000 Nonlinier Software. While the design was executed manually, based on RSNI T – 02 – 2005 and Calculation Procedures for Concrete Structure for Building Construction. Result of design and analysis has been done on this thesis get the deflection from the manual calculation of 114,97 mm and from SAP2000 of 181,98 mm for girder without tendon when for girder with tendon have deflection from manual calculation of 54,62 mm and from SAP2000 of 47,54 mm. The number of tendons used as much as 6 tendon with each tendon consists of 12 strands each strand has an area of 98,7 mm2. The main reinforcement beam using 32D13 mm, shear reinforcement beam using diameter 13 mm, the main reinforcement of diafragma using 16D22 mm, shear reinforcement of diafragma using diameter13 mm, and spaliing reinforcement using 4D10 mm reinforcement.

Detail Informasi