Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Yulita Andriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menemukan langkah pembelajaran yang efektif dan bervariatif untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Tarakan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada tanggal 6 Januari 2022 sampai dengan 21 Januari 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes awal menulis puisi siswa yaitu 11,78, dari hasil tes yang dilakukan dapat dilihat bahwa kemampuan menulis puisi masih sangat rendah. Hal ini karena tidak adanya model pembelajaran yang menarik siswa dalam menulis puisi, maka diterapkan lah model pembelajaran Circuit Learning. Siswa mulai mengalami peningkatan pada siklus I yang dilihat dengan nilai rata siswa yaitu 18,64 dan meningkat sebanyak 6,86. Pada siklus II nilai rata yang dicapai siswa 20,11. Hasil pengamatan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning memberikan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis puisi pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Tarakan.

The purpose of this research was to figure out the effective and various learning steps to improve the poetry writing skills for the Grade X Social 4 students at SMA Negeri 3 Tarakan using the Circuit Learning (CL) model. This research was considered as Classroom Action Research (CAR). The Research subjects were 36 Grade X Social 4 Students of SMA Negeri 3 Tarakan in the Academic Year 2021/2022 consisting of 18 male and 18 female students. This Classroom Action Research (CAR) used Kurt Lewin’s model consisting of tow cycles. This research was conducted in 2 cyclas form 6 January 2022 to 21 January 2022. The results showed that the students’ initial poetry writing test results were 11.78, showing that their poetry writing skills were still very low. This was because no learning model attacted the students’ attention to write poetry, so that the Circuit Learning model was then implemented. The students started increasing their poetry writing skills in the first cycle proven with the average score of 18.64 (increasing by 6.86). Furthermore, in the second cycle, the students’ average score increased up to 20.11. Based on the observation results above, it can be concluded that poetry writing learning using the Circuit Learning model motivated and improved the students’ learning achievvements in the poetry writing activities of Grade X Social 4 Students at SMA Negeri 3 Tarakan

Detail Informasi