
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Jumrah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang sering muncul pada siswa yang memiliki efek negatif terhadap proses belajar dan prestasi siswa, dimana siswa sering terlambat mengumpulkan tugas, kadang meminta tambahan waktu, juga tidak bersegera mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada efektivitas konseling kelompok dengan teknik REBT terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi sasaran yaitu seluruh siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan yang berjumlah 18 siswa. Teknik sampling menggunakan probality sampling dengan ukuran jumlah sampel 61% dari populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 11 siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial dan uji Wilcoxon signed rank test dengan SPSS versi 24.0. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,003 ˂ 0.05) yang artinya konseling kelompok dengan teknik REBT efektif terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Pada pemberian pretest dari 11 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 10 (91%) siswa memiliki perilaku prokrastinasi yang sangat tinggi, 1 (9%) siswa memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Pada pemberian posttest terdapat 2 (18%) siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi kurang, 9 (82%) siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik sangat kurang.
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok Teknik REBT
Academic procrastination is procrastination that often appears in students and has a negative effect on the learning process and student achievement, where students are often late in collecting assignments, sometimes asking for additional time, or do not finish the tasks that are given to them. The purpose of this study is to determine whether there is an effectiveness of group counseling with REBT technique on academic procrastination behavior of students of class IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. This research is an experimental study with a target population of all class IX students at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan with a total population are 18 students. The sampling technique used probability sampling with a sample size of 61% of the population. Therefore, the number of samples in this study was 11 students. The data was processed by using descriptive analysis techniques, inferential analysis techniques and Wilcoxon signed-rank test with SPSS version 24.0. Based on the data analysis, it is concluded that according to the results of the hypothesis test, the significance value is (0,003 - 0.05) which means that group counseling with REBT technique is effective in the academic procrastination behavior of students in class IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. In the pretest which was given to 11 students as sampled in the study, there were 10 (91%) students who had very high procrastination behavior, 1 (9%) student who had high academic procrastination behavior. After that, In the post-test, there were 2 (18%) students who had less procrastination behavior, 9 (82%) students who had highly deficient academic procrastination behavior. Keywords: Academic Procrastination, Group Counselling With REBT Technique